25 radar bogor

Wajib Tahu! Ini Cara Merawat dan Harga Headphone 2019

ilustrasi orang pakai earphone

BOGOR-RADAR BOGOR,Headphone adalah aksesoris yang tidak bisa dilepaskan bagi Anda yang mencintai musik. Anda bisa mendengarkan radio melalui HP atau merenung sambil menikmati alunan lagu dari file MP3 yang ada di smartphone.

Ukuran headphone beragam, ada yang kecil, ada pula yang besar menutupi telinga. Harga headphone dan harga earphone juga bervariasi, mulai 35.000 rupiah. Bagaimana cara merawatnya?

Ini Langkah Membersihkan dan Harga Headphone Terbaru

1. Simpan di Dalam Tempat Khusus
Headphone, apalagi yang berukuran kecil, harus disimpan ketika tidak dipakai. Jika Anda ketiduran lalu headphone masih terpakai di telinga, maka dikhawatirkan akan tergencet, lalu kabelnya rusak. Simpanlah headphone di kantong khusus atau di kotak aslinya headphone akan lebih awet dan bebas dari debu.

2. Bersihkan dengan Kapas Basah
Bersihkan headphone dengan kapas atau kain yang dibasahi. Jangan terlalu banyak memberi air, teteskan sedikit saja asal kapasnya sudah cukup lembab. Bersihan headphone dengan teliti, terutama pada bagian pad. Headphone yang kotor malah bisa jadi sarana penyaluran kuman, sehingga membahayakan kesehatan telinga Anda. selain itu, headphone kotor yang penuh debu juga bisa membuat suara yang dihasilkan jadi jelek dan mendenging.

3. Jangan Gulung Terlalu Ketat
Jangan gulung kabel headphone terlalu ketat, lalu mengikatnya dengan karet gelang. Hasilnya memang lebih rapi, tapi dikhawatirkan kabel akan lekas putus. Kabel yang terlalu ketat digulung juga bisa membuat tampilannya terlihat jelek. Sebaiknya, gulung kabel pelan-pelan dan jangan diikat kencang-kencang.

4. Jauhkan Dari Air
Saat mandi, apakah Anda ingin tetap mendengarkan musik? Jauhkan headphone kesayangan Anda dari segala macam air. Harga Headphone memang terjangkau, ada yang hanya 35.000 rupiah, tapi tetap harus dirawat. Jangan bawa headphone saat Anda sedang traveling ke air terjun. Saat hujan, lindungi headphone dan masukkan ke dalam kantong plastik, agar tidak terkena tetesan air.

5. Jauhkan Dari Kelembaban
Selain harus dijauhkan dari air, headphone juga harus bebas dari kelembaban. Kelembaban bisa mengundang jamur dan merusak headphone, terutama di bagian pad. Jadi, saat menyimpan headphone di kotak atau di dalam lemari, masukkan beberapa bungkus silica gel untuk menyerap kelembaban. Headphone kesayangan Anda akan tetap kering dan awet.

6. Jangan Dipakai Bergantian
Apakah Anda suka meminjam headphone milik orang lain? Hentikan segera kebiasaan buruk itu. Headphone yang digunakan secara bergantian akan bisa menyalurkan kuman. Belilah earphone sendiri di marketplace, harga headphone juga sangat terjangkau. Bahkan banyak yang hanya di bawah 100.000 rupiah. Semua ini dilakukan demi kesehatan telinga Anda.

7. Jangan Menyetel Lagu Terlalu Keras
Meskipun Anda merupakan penggemar musik, jangan menyetel lagu keras-keras. Selain berpotensi merusak gendang telinga, headphone juga bisa cepat rusak. Setel lagu dengan volume sedang, agar headphone tetap awet dan telinga Anda sehat. Sayangilah telinga Anda, jangan ikuti nafsu untuk menyetel lagu keras-keras.

Harga headphone memang sangat murah, mulai dari 35.000 rupiah. Walau murah, tapi Anda tetap harus membersihkan dan merawatnya agar tetap awet.

Jangan setel lagu terlalu kencang, karena bisa merusak headphone dan gendang telinga Anda.

Jauhkan headphone dari segala macam air. Simpanlah headphone di dalam kantong atau kotak khusus, dan jika perlu berikan silica gel agar tidak lembab. Dapatkan headphone ciamik hanya di Bukalapak, bayarnya bisa via kasir minimarket. (adv)