25 radar bogor

Gorong-gorong Perumahan Longsor, Jalan Kayumanis-Cilebut Terancam Putus

Anggota DRPD Kota Bogor Abuzar Usman saat meninjau lokasi longsor di RW 14 Kelurahan Mekarwangi.
Anggota DRPD Kota Bogor Abuzar Usman saat meninjau lokasi longsor di RW 14 Kelurahan Mekarwangi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Gorong-gorong saluran pembuangan air Perumahan Taman Sari Persada di tebingan Jalan Kayumanis-Cilebut, RW 14 Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, longsor.

Tidak ada korban dalam bencana yang terjadi Minggu (3/3/2019) malam itu. Namun, longsoran membuat ruas Jalan Kayumanis-Cilebut terancam putus.

“Ya, hampir terancam putus, kondisi jalannya sudah miring. Soalnya di bawah jalan itu ada gorong-gorong saluran pembuangan air Taman Sari Persada,” kata Anggota DPRD Kota Bogor Abuzar Usman kepada radarbogor.id.

Gorong-gorong saluran pembuangan air Perumahan Tamansari Persada yang rusak terkena longsor.

Menurutnya, peristiwa longsor ini sudah yang kedua kalinya. Sebelumnya, sekitar sebulan yang lalu longsor menyebabkan pondasi salah satu rumah warga terdampak. “Yang sekarang tidak ada rumah warga yang kena, hanya tebingan jalan,” tuturnya.

Disamping hujan yang terus mengguyur beberapa hari terakhir ini, ternangnya, longsor juga disebabkan karena kondisi konstruksi gorong-gorong saluran pembuangan air yang sudah tidak layak.

“Jadi ada konstruksi yang rusak, sehingga harus segera ada penanganan,” tutur Caleg DPR RI dari PKS itu.

Sejauh ini, kata dia baru BPBD yang meninjau ke lokasi dan memasang terpal di titik longsoran.

“Laporan ke dinas dan instansi terkait sudah dilakukan, tapi memang belum ada penanganan, baru BPBD yang datang,” terang Abuzar.

Ia meminta Pemkot Bogor melalui dinas terkait segera melakukan penanganan terhadap longsor di ruas Jalan Kayumanis-Cilebut itu, di antaranya melalui dana belanja tak terduga.

“Terutama gorong-gorongnya harus segera diperbaiki,” pungkas Abuzar. (ysp)