25 radar bogor

Wow! Ada 119 Mortir Ditemukan di Halaman Rumah Warga di Bandung, TNI Hentikan Pencarian

Ratusan mortir yang ditemukan petugas tetanam di halaman rumah warga di Dago Bandung.

BANDUNG-RADAR BOGOR, Jumlah total granat mortir yang ditemukan di halaman rumah milik salah satu warga Dago, Bandung, cukup mencengangkan. Total ada 119 mortir yang berhasil dievakuasi petugas.

Penemuan Mortir Gegerkan Warga Bandung, Diduga Lebih dari Sepuluh

Hal ini dipastikan oleh Dandim 0618/BS Bandung Letkol M Herry Subagyo, bahwa pencarian oleh tim Jihandak Yon Zipur hari ini mencapai 31 buah mortir.

“Setelah melakukan pengecekan dan sterilisasi dengan metal detector kita pastikan ditemukan sebanyak 31 untuk hari ini. Ditambah kemarin 88, jadi total 119 mortir kaliber 8.0 mm,” jelas Dandim di lokasi penemuan di dago, Rabu (6/3/2019) sore.

Penyisiran yang dilakukan tim Jihandak Zipur III Siliwangi, dinyatakan berhenti setelah dipastikan tidak ada mortir lainnya lagi setelah dilakukan sejak kemarin.

“Dengan begitu kegiatan ini saya nyatakan dihentikan,” ujar Dandim 0618 BS Bandung.

Dandim menjelaskan, bahwa ratusan mortir tersebut, dalam kondisi yang bervariatif.

“Beberapa di antaranya ada yang sudah berkarat dan ada juga yang sudah dalam keadaan rusak,” terangnya.

Saat ini, mortir-mortir tersebut ‎tengah dievakuasi untuk langsung dibawa guna dilakukan analisis sebelum nantinya akan di musnahkan.

“Kita masih menyelidiki ini buatan mana, tahun berapa di buat, kita masih harus mengumpulkan data-data. Mungkin nanti dari Kodam akan memberikan keterangan lebih lanjut,” ucapnya. ‎

Herry memastikan, lokasi temuan ratusan mortir tersebut, dalam kondisi aman.

Namun begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali lakukan penyisiran jika ada laporan dari masyarakat.

“Kita sudah yakinkan tadi kita gunakan metal detector, disekitar lokasi sudah tidak ada lagi mortir. Apabila memang masih ada kemungkinan ditemukan, kita harapkan masyarakat untuk bisa melaporkan untuk ditindaklanjuti,” kata dia. (arf/ysp)