25 radar bogor

Isu Penghapusan Pelajaran Agama, Kemenag : Tidak Perlu Khawatir

SULSEL-RADAR BOGOR, Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) merespons tudingan kepada Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menghapus pelajaran agama di sekolah. Adapun tudingan sebelumnya dilontarkan seorang ibu melalui video yang lantas viral di dunia maya.

Heboh! Video Ibu Tuding 01 bakal Hapus Pelajaran Agama, TKD: Ini Sangat Keji

“PAI (Pendidikan Agama Islam) tidak akan hilang dari sekolah. Pendidikan itu formal, tidak akan hilang. Masyarakat tidak perlu khawatir,” tegas Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulsel Anwar Abubakar saat dikonfirmasi di Makassar, Rabu (6/3/2019).

Anwar enggan berspekulaisi soal video tersebut. Ia hanya menegaskan bahwa pendidikan agama merupakan salah satu konten pelajaran mendasar yang wajib diterapkan di seluruh sekolah.

Masyarakat diimbau tidak mudah terprovokasi isu akan hilangnya pendidikan agama dari kurikulum pendidikan. “Masyarakat tidak khawatir soal isu penghapusan pendidikan agama dan pesantren. Intinya tidak akan hilang,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat Sulsel kembali digegerkan dengan beredarnya video terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Dalam video berdurasi 45 detik, seorang ibu berdialog dengan dialek Bugis Makassar mengajak masyarakat untuk tidak memilih pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Joko Widodo (Jokowi)- Ma’ruf Amin.

Sang ibu menuding pasangan nomor urut 01 akan menghapuskan pelajaran Agama di sekolah-sekolah jika terpilih.

“Kalau kita memilih Prabowo, kita pikirkan nasib agama kita, anak-anak kita. Walaupun kita tidak menikmati, tapi besok 5 sampai 10 tahun yang akan datang ini. Apakah kita mau kalau pelajaran Agama di sekolah dihapuskan oleh Jokowi bersama menteri-menterinya?” ujar ibu dengan seragam kuning hitam itu.

Dalam video, si ibu tampak bercakap dengan seorang laki-laki. Menggunakan masker di bawah dagu, sang ibu mendominasi percakapan. Dia menyebut bahwa penghapusan Pendidikan Agama adalah program Jokowi-Ma’ruf. “Yang pertama, Pendidikan Agama akan dihapuskan dari sekolah. Kemudian pesantren itu akan dijadikan sekolah umum,” sambung si ibu. (jpg)