25 radar bogor

Geopark Pongkor Baru 30 Persen, Akhir 2019 Ditarget Selesai

NANGGUNG-RADAR BOGOR,PT Antam Persero Tbk Unit Bisnis Pertambang Emas (UBPE) Pongkor, sedang mengembangkan pembangunan Geopark Pongkor.
Namun, proyek tersebut masih mencapai 30 persen dan ditargetkan rampung tahun ini.
Perusahaan pertambangan emas ini, membangun membangun beberapa lokasi wisata yang dikelola pemerintah desa setempat.
Namun, keberadaan geopark masih menyisakan cerita, karena masih ada produksi dan menyebabkan proses pembangunan belum rampung.
Pelaksana Geopark Pongkor PT Antam UBPEPongkor, Emang Sulaeman menjelaskan, saat ini pembangunan fokus terhadap penguatan pada lubang. Sebab, rencananya akan dijadikan sebagai tempat pelatihan tambang.
“Kalau luas di dalam sampai ke kubang hijau sekitar 500 meter. Produksi (emas) masih berlanjut. Tapi pembangunan tetap berjalan dengan target penyelesaian tahun ini,”jelasnya ketika ditemui Radar Bogor kemarin (4/3).
Ia menambahkan, untuk lokasi di dalam geopark akan tembus sampai Ciguha. Nantinya akan ada pembuatan georama, penjelasan tentang pongkor dari awal sampai sekarang.
“Tiap lorong ada desain foto. Kalau pembangunan di luar tambang sudah 100 persen. Kami kan mau ini buat jangka panjang, namun masih belum optimal,”tambahnya.
Emang juga mengaku, sudah ada kunjungan dari sekolah di luar Bogor. Seperti Garut dan Yogyakarta. Itupun  sesuai rekomendasi manajer.
“Karena, kan belum dibuka buat umum hanya sebagai pelatihan siswa,”tuturnya.
Sementara itu, Humas PT Antam Persero Tbk UBPE Pongkor, Agus Setiyono mengatakan, fokus utama dalam pengembangan geopark, yakni program dan sarana pendukung geosite.