25 radar bogor

Soal Pertumbuhan Ekonomi, Prabowo: Kita Pernah Jadi Anak Emasnya Barat

Capres 02, Prabowo Subianto

BOGOR – RADAR BOGOR, Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengungkapkan rasa heran dengan capaian dari pertumbuhan ekonomi saat ini. Mantan Danjen Kopassus itu lantas membanggakan pertumbuhan ekonomi pada zaman orde baru.

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Prabowo, pertumbuhan ekonomi bangsa pada zaman orde baru pernah tembus ke angka paling tinggi 8 persen. Namun sekarang, pertumbuhan ekonomi stagnan dikisaran 5 persen.

“Kita (pernah) menjadi anak emasnya barat. ita menjadi The Darling of The World Bank. Tahun 97′, 98′ mereka selalu mengatakan The Fundamental of The Indonesian economy is very strong,” kata Prabowo dalam pidatonya di acara konsolidasi nasional Aliansi Pencerah Indonesia (API), Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (3/3).

Tak lama berselang, tepatnya setelah enam bulan pendapukan Indonesia sebagai salah satu ekonomi yang terkuat dunia oleh World Bank, dia mengaku bingung kenapa keadaan ekonomi bisa berbalik. Ketika itu, ekonomi bangsa ditekan oleh anjloknya nilai tukar rupiah.

“Memang saya bukan ahli ekonomi, saya tidak punya gelar ekonomi, tapi saya waktu itu ingin bertanya apa yang terjadi kepada bangsa kita,” ujarnya.

Oleh karena itu, tak lama berselang sejak krisis moneter 20 tahun lalu, Prabowo mengaku telah berkeliling ke penjuru negeri untuk menjelaskan ihwal keadaan ekonomi Indonesia yang mengalami masalah krusial. Dugaanya, masalah pertumbuhan ekonomi yang stagnan lantaran kekayaan negara terus mengalir keluar negeri.

“Fenomena yang saya temukan adalah ternyata fenomena yang hampir tidak berbeda dengan Bung Karno. Bahwa kekayaan Indonesia terus diambil ke luar negeri. Bung Karno dalam pidato Indonesia menggugat sudah menguraikan fenomena ini karena itu dia mengatakan Indonesia harus merdeka supaya kekayaan ini dikuasai oleh Indonesia,” pungkasnya.