25 radar bogor

Maskapai AirAsia Cabut Penjualan Tiket dari Traveloka, Ini Gara-garanya

Maskapai AirAsia.
Maskapai AirAsia mencabut penjualan tiket dari Traveloka.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Maskapai AirAsia mencabut penjualan tiket secara permanen dari Traveloka. Penarikan itu meliputi seluruh rute penerbangan di semua jaringan AirAsia.

Keputusan itu adalah buntut hilangnya tiket AirAsia secara misterius di Traveloka untuk kedua kali dalam dua minggu terakhir.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, hilangnya  penerbangan maskapai berbiaya rendah miliknya itu menciderai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka. Dia menilai pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik.

“Traveloka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi,” kata Dendy seperti ditulis dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka itu, menurut Dendy menunjukkan sikap diskriminatif dan berat sebelah.

“Kami mengamati pesan-pesan di media sosial yang disampaikan pelanggan mengenai ketidaktersediaan tiket AirAsia justru direspons dengan rekomendasi dari Traveloka untuk memesan tiket maskapai lain,” terangnya.

Oleh karena itu, sebagai bentuk solidaritas, AirAsia secara grup menarik penjualan seluruh tiket AirAsia dari Traveloka efektif mulai saat ini. Sebagai gantinya, ia mengimbau agar Traveler yang ingin membeli tiket AirAsia memesan langsung melalui situs airasia.com atau aplikasi mobile AirAsia.

Sementara itu, pihak Traveloka memprioritaskan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh stakeholders. PR Director Traveloka Sufintri Rahayu melalui keterangannya kepada JawaPos.com menyayangkan keputusan AirAsia menarik penjualan tiket di Traveloka.

“Traveloka menyayangkan keputusan AirAsia, menarik penjualan tiket di platform kami,” jelasnya.

Sebagai komitmen Traveloka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, ia terus berupaya agar pelanggan dapat kembali menikmati pilihan maskapai yang selama ini tersedia.

“Pada saat yang bersamaan, kami telah meminta waktu untuk berdialog dengan AirAsia sejak akhir pekan ini agar mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak,” pungkasnya. (jpg)