25 radar bogor

FBI Buru Pembunuh Noven Pakai Video Forensic Tools, Begini Cara Kerjanya

BOGOR-RADAR BOGOR, Polda Jawa Barat telah menyerahkan data rekaman CCTV pembunuhan Andriana Yubelia Noven Cahya, ke Federal Bureau of Investigation (FBI), Amerika Serikat. Proses digital forensik ini diperkirakan memakan waktu sebulan.

Ahli Forensik Digital Ruby Alamsyah mengatakan kemungkinan FBI memakai video forensic tools untuk membantu kepolisian mengungkap kasus pembunuhan Noven.

Video CCTV Pembunuhan Noven Diserahkan ke FBI, Ditarget Selesai Sebulan

Alat ini disebutnya bisa memberi petunjuk lebih jelas untuk membantu polisi mengungkap wajah pelaku.

“Alat ini secara umum berfungsi untuk dapat memperjelas tampilan dari sebuah video sehingga diharapkan dapat memberi petunjuk lebih jelas. Fungsi utama alat ini adalah melakukan teknik enhancement, dengan metode-metode khusus,” ujar Ruby.

Menurut Ruby, beberapa teknik video enhancement yang dimaksud, seperti memperbesar gambar/zooming, memakai filter-filter khusus, memperbaiki resolusi, mencari celah dari refleksi objek lain di sekitar, dan lain-lain.

Video Forensic Tools biasanya digunakan oleh para penyidik untuk membaca pelat kendaraan dari rekaman CCTV yang tampak buram.

“Gambar yang tadinya blur/tidak jelas, menjadi dapat terbaca lebih jelas. Juga untuk tampilan lainnya yang bisa dilakukan enhancement sehingga dapat memberikan petunjuk lebih jelas bagi penyidik,” katanya.

Serius Buru Pembunuh Noven, Polisi: Alat Milik FBI Sudah di Mabes

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengakui, Amerika memiliki teknologi canggih itu. Sehingga saat ini yang bakal di fokuskan adalah digital forensik terhadap pria yang berdiri tepat di depan CCTV Jalan Riau Kelurahan Baranangsiang Kecamatan Bogor Timur itu.

“Kalau sekarang kami sulit karena memang (gambar) kabur. Jadi kita tidak bisa berandai-andai. Jadi kita harus mengutamakan digital forensik,” terangnya. (gal/ysp)