25 radar bogor

Penuhi Kebutuhan Pelanggan Rumah Tangga, PGN Tambah 5.120 Jargas

Menteri ESDM Ignasius Jonan di komplek Perumahan Puri Nirwana 3, kemarin (27/2).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga dan pelanggan kecil di Kabupaten Bogor,PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menambah Jaringan Gas (Jargas) sebanyak 5.120 (SR).

Dengan penambahan tersebut, total jaringan gas yang terpasang sebanyak 9.120 rumah. Setelah sebelumnya, pada 2012, PT PGN memasang 4.000 jaringan gas di Bumi Tegar Beriman.

Pemasangan 5.120 Jargas terbagi di Kecamatan Cibinong, dan Bojonggede. Antara lain, Puri Nirwana 3 (1.268), Gaperi (1.636), Bojong Gede Baru (928), Puspa Raya (550 SR) dan Sukahati (738).

Proyek yang didanai anggaran Kementerian ESDM (APBN) senilai Rp46 miliar itu pun diresmikan langsung Menteri ESDM Ignasius Jonan di komplek Perumahan Puri Nirwana 3, kemarin (27/2).

Tujuan pemerintah menyediakan energi atau bahan bakar gas bumi, agar digunakan secara terus menerus oleh masyarakat. Karena kalau elpiji habis saat malam hari, dan tokonya tutup, masyarakat pasti kebingungan. Kalau jaringan gas ini kan selalu ada,” kata Jonan.

Soal harga, Jonan menuturkan, jaringan gas lebih murah dibandingkan dengan elpiji. Semisal, pengguna tabung gas elpiji subsidi 3 kg, bisa menghemat sekitar Rp20 ribu-Rp30 ribu, sedangkan jika pengguna tabung gas elpiji non-subsidi, mampu memangkas pengeluaran hingga Rp100 ribu.

“Selain itu, dengan penggunaan jaringan gas juga bisa mengurangi beban negara mengimpor elpiji,” ungkap Jonan.

Jonan menjelaskan, hingga kini konsumsi elpiji masyaratkat Indonesia per tahun mampu mencapai 6,5 juta ton, sementara produksi elpiji nasional hanya 2,5 juta ton. Itu artinya, sebanyak 4 juta ton elpiji harus diimpor, atau jika dihitung nilainya, sebesar US$ 3 miliar atau sekitar Rp50 triliun.

“Sayang uangnya, kalau bisa ini dihemat untuk pembangunan. Jadi tujuannya untuk kurangi impor elpiji. Di tahun ini, rencana Purwakarta, Depok dan Bekasi akan dipasangi jaringan gas, mudah-mudahan Kabupaten Bogor akan ditambah 1.000 – 2.000 lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin yang hadir dalam acara peresmian jargas rumah tangga juga mengapresiasi PT PGN.

Pihaknya berterima kasih karena telah merespon keinginan masyarakat Kabupaten Bogor untuk menggunakan jaringan gas. “Keberadaan jaringan gas rumah tangga potensial untuk meningkatkan peluang masyarakat hidup sejahtera dan berkualitas,” urainya.

Menurutnya, jaringan gas rumah tangga memberikan solusi konkrit terhadap pentingnya penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan dan aman. Upaya tersebut juga relevan dengan visi terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban.(wil/c)