25 radar bogor

Ma’ruf Amin: Wisata Halal Itu Saya Yang Ngomong, Sandi Ikut-Ikutan

JAKARTA-RADAR BOGOR,Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno belum lama ini berencana menerapkan wisata halal di Bali. Wacana ini lantas menjadi perdebatan karena kehidupan di pulau dewata yang lebih mengedepankan wisata budaya.

Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin menilai dirinya merupakan yang menggelorakan wisata halal atau wisata syariah dalam bahasa. Sandi dianggap meniru konsep tersebut. Namun, Ma’ruf senang jika programnya ditiru oleh lawan politiknya.

“Wisata syariah itu kan saya yang ngomong, lalu dia (Sandi) ikut-ikutan, terima kasih,” ujar Ma’ruf di lapangan Boulevard Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (28/2).

Ketum MUI itu mengatakan, sejak 20-30 tahun lalu wisata syariah telah dikembangkannya. Pengembangan ini dilakukan dalam bentuk hotel syariah, sampai travel syariah.

“Sekarang kita sudah a”Sekarang kita sudah ada namanya wisata syariah, hotel syariah, bahkan sudah ada juga semua travel yang syariah, tinggal pengemasannya. Jadi kalau dia (Sandi) mau ikut mendukung terima kasih,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, usulan mengembangkan wisata halal itu disampaikan Sandi saat berkampanye di Bali. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai pasar wisata halal sangat menggiurkan hasilnya.

“Prabowo-Sandi fokus untuk memberdayakan UMKM, meningkatkan kewirausahaan dan di Bali sendiri pariwisata kita harapkan pariwisata akan lebih baik dan multiplayer-nya banyak sekali kepada UMKM. Salah satunya juga pariwisata halal, banyak potensinya, dan sekarang banyak diambil oleh Bangkok, Thailand,” ujar Sandiaga di Denpasar, Bali, Minggu (24/2) lalu.

“Kita ingin Bali, Indonesia secara umum, juga ngambil potensi pariwisata halal yang konon kabarnya di atas Rp 3.000 triliun potensinya. Ini sangat luar biasa potensinya kalau bisa kita ambil untuk gerakan ekonomi di Bali,” pungkasnya.