25 radar bogor

Imigrasi Perketat Pengawasan Warga Negara Asing di Bogor

Imigrasi diminta memperketat pengawasan Warga Negara Asing (WNA) di Bogor.

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon meminta pihak terkait memperketat pengawasan agar warga negara asing (WNA) ilegal tidak masuk Kabupaten Bogor.

Pernyataan itu disampaikannya terkait maraknya WNA yang sudah memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP) di beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Cianjur dan Sukabumi.

Seperti yang diketahui, kasus WNA bermasalah ini sempat terjadi di Kabupaten Bogor, salah satunya di wilayah Sukamakmur. Begitu juga di Kecamatan Cigudeg, ada penangkapan tenaga kerja asing (TKA) yang menyamar sebagai pekerja tambang.

Fadli menjelaskan, perlunya pengawasan ekstra yang dilakukan pihak terkait salah satunya imigrasi. Karena, jangan sampai WNA bisa menyamar dan mempunyai identitas legal.

“Kalau di Bogor kasus terakhir ada di Kecamatan Sukamakmur yang jadi petani. Hal tersebut harus dikontrol, tidak boleh didiamkan begitu saja,” jelasnya usai menghadiri Rebo Keliling (Boling) Bupati Bogor di Kecamatan Leuwiliang, Rabu (27/2).

Dia mengatakan, sampai saat ini belum lagi mendengar laporan terkait WNA di Bogor, namun ini menjadi perhatian pemerintah dan aparatur lain salah satunya imigrasi agar memperketat pengawasan.

“Mereka (imigrasi) kan ada timpora yang melakukan pemantauan dan pendataan bagi warga asing. Intinya harus diperketat lagi agar tidak ada kejadian WNA nyamar jadi petani, pekerja tambang ataupun lainnya, karena bisa merusak bagi keselamatan keamanan Nasional kita,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Imigrasi kelas II Bogor, Suhendra menuturkan, mereka terus melakukan pengawasan, pendataan orang asing dan terus kordinasi serta bekerjasama dengan pihak terkait.

“Imigrasi punya Timpora. Tugasnya penanganan terhadap orang asing yang melakukan pelanggaran di wilayah Bogor, dan dalam waktu dekat pendataan akan kita laksanakan bersamaan pengawasan orang asing,” ucapnya.(nal/c)