25 radar bogor

Gali Potensi Wisata dan Pertanian di Bogor Barat, Begini Penjelasan Ade Yasin

Curug Lontar, kini masuk wahana wisata Geopark Pongkor yang tengah dikembangkan Pemkab Bogor di Bogor Barat.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sektor pariwisata dan pertanian masih menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Terutama di wilayah Bogor Barat.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, wilayah Bogor Barat mempunyai potensi luar bisa untuk memakmurkan masyarakat, diantaranya melalui sektor wisata dan produksi pertanian. Untuk mewujudkan itu, percepatan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu cara ampuh menunjang roda ekonomi setempat.

“Ada 15 kecamatan yang punya potensi wisata, mulai dari Nanggung yang punya Geopark Pongkor, hingga wisata Pabangbon-nya Leuwiliang. Potensi besar selaras dengan tujuan untuk kepentingan masyarakat,” kata wanita yang akrab disapa AY itu.

Untuk itu, dia berharap agar jalan lingkar Leuwiliang bisa segera terealisasi, yang dipercaya bakal menunjang ekonomi dan wisata yang sedang dibangun di wilayah Bogor Barat.

Tak hanya soal wisata, Bumi Tegar Beriman punya potensi luar biasa pada produk pertanian. Bahkan buah manggis asli Kabupaten Bogor berhasil menembus ekspor ke luar negeri dan menjadi kebanggaan.

“Para petani lokal menunjukan kualitas ke mancanegara, sebagai penghasil manggis terbaik seIndonesia. Tentu jadi motivasi untuk lebih meningkatkan produktifitas dan kualitas. Ini juga momentum meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditi pertanian,” ucapnya.

AY ingin keberhasilan ekspor manggis diikuti komoditi pertanian lainnya. Sehingga Kabupaten Bogor punya citra sebagai pusat produksi pertanian yang berdaya saing nasional dan internasional. Melalui penanganan yang sungguh-sungguh, dengan sendirinya bakal merangsang ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan petani.(ryn/c/yok)