25 radar bogor

Warga Tagih Janji Ridwan Kamil Bangun Terminal Parung, Katanya Lahan Sudah Ada

Terminal Parkir Sembarangan
Sejumlah bus parkir sembarangan di sekitar Parung.

PARUNG-RADAR BOGOR, Janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membangun Terminal Parung, ditagih oleh warga sekitar. Pasalnya, janji itu disampaikan Emil langsung saat berkampanye di wilayah utara Kabupaten Bogor itu.

Terminal Parung merupakan Tipe B. Secara aturan pembangunan maupun pengelolaan merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, meskipun lahan sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sejak lama.

“Katanya lahan sudah ada. Dulu katanya mau dibangun sama Pemda (Kabupaten Bogor). Tapi waktu kampanye, Ridwan Kamil bilang mau ngebangun,” ujar warga Parung, Hidayat (47).

Keberadaan Terminal Parung dipercaya bisa mengurai kemacetan di sekitaran Pasar Parung. Pasalnya, ratusan angkot kerap menunggu penumpang di persimpangan pasar tersebut. Kabarnya, 13 trayek angkutan melintasi lokasi tersebut. “Banyak juga yang ngetem di pinggir jalan. Enggak bisa didiamkan. Harus ada solusinya,” kata Dayat.

Sementara Camat Parung, Daswara Sulanjana mengungkapkan, wacana pembangunan Terminal Parung merupakan aspirasi masyarakat yang langsung direspon Pemkab Bogor dengan menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan.

Menurutnya, sebuah keharusan Terminal Parung segera dibangun. Selain menanggulangi kepadatan lalu lintas, pembangunan terminal juga berkaitan dengan wajah Pemkab Bogor. Pasalnya Parung merupakan salah satu wilayah penyangga yang berbatasan langsung dengan Kota Depok dan Tangerang Selatan.

“Dua kota itu sarana dan prasarananya sudah modern. Terminal Parung penting untuk percepatan pembangunan wilayah juga dan bisa menyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Daswara. (rur/pj)