25 radar bogor

Buka Akses Baru ke Kebun Raya Cibinong, Pemkab Bangun Jalan Lingkar LIPI

Kendaraan melintas di jalan raya lingkar dalam di komplek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di cibinong Kabuapten Bogor. Jawa Barat, Selas (28/02), jalan alternatif tersebut merupakan akses bagi warga agar tidak masuk kawasan LIPI. foto : sofyansyah/radar bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pemkab Bogor mulai menyiapkan infrastruktur sebelum membuka Kebun Raya Cibinong untuk umum. Infrastruktur yang segera dibangun yakni berupa jalan dan akan diberi nama Jalan Lingkar LIPI.

Akses untuk menuju Kawasan Cibinong Science Center (CSC) LIPI sejatinya sudah tersedia, yakni melalui gerbang utama CSC yang berlokasi di tepian Jalan Raya Bogor-Jakarta.

Pemkab Berencana Bangun Jalan Lingkar LIPI, Netizen: Jalan Rusak Masih Banyak!

Hanya saja, satu akses jalan dianggap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Anwar Anggana tidak cukup untuk menghindarkan lokasi yang disebut-sebut bakal jadi pusat keramaian baru itu dari kemacetan.

Maka, aksesnya akan ditambah dengan cara pembangunan jalan baru, serta melakukan pelebaran jalan yang sudah tersedia. Konsepnya, antara lain menghubungkan kawasan CSC dengan jalan masuk timur Stadion Pakansari.

“Kebun Raya Cibinong ini diharapkan menjadi ciri khas. Ini untuk menunjang wisata ke Kebun Raya. Kita Dinas PUPR mungkin akan mempersiapkan sarana dan prasarana lain di situ,” jelasnya kepada Radar Bogor akhir pekan lalu.

Sehingga, nantinya akan ada tiga akses yang bisa dilalui pengunjung Kebun Raya Cibinong. Dua akses tambahan ini yaitu dari arah Borobudur (eks ITC Cibinong), serta dari arah perumahan Bumi Sentosa. Jika dijumlahkan, jaraknya memiliki panjang 5,4 kilometer. Sedangkan lebar jalannya yaitu 12 meter.

Sebelum proyek pembangunannya digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lahannya akan terlebih dahulu dibebaskan oleh Pemkab Bogor. Dananya sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Bogor 2019 sekitar Rp8,5 miliar.

Lahan yang perlu dibebaskan luasnya mencapai 13 ribu meter persegi. Terbagi atas 28 bidang lahan, statusnya masih milik warga yang berjumlah 22 kepemilikan.

“Ditarget (pembebasan selesai, red) tahun ini. Setelah dikuasai pemerintah daerah, pekerjaannya dilanjut pemerintah pusat,” terang Anwar.

Kabupaten Bogor Bakal Punya Kebun Raya Sendiri, Lebih Luas dari KRB. di Sini Lokasinya!

Selain membangun jalan, Kementerian PUPR juga nantinya akan membangun dua jembatan yang saling menghubungkan. Lokasi pertama terletak di lintasan LIPI menuju Stadion Pakansari, tepatnya di depan jalan lingkungan PT RMC. Lokasi kedua ada di lintasan arah Perumahan Bumi Sentosa.

“Ke arah Bumi Sentosa ini aksesnya sudah ada tapi terkendala jembatan,” tukasnya.(fik/c)