25 radar bogor

Heboh! Tinggal di Cianjur, TKA Asal Tiongkok Ini Miliki e-KTP

E-KTP miik TKA asal Tiongkok. (detik.com)

CIANJUR-RADAR BOGOR, Informasi adanya tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang memilik kartu identitas mirip KTP elektronik atau e-KTP mengegerkan warganet.

Dilansir dari detik.com, dalam foto yang tersebar di media sosial , identitas mirip e-KTP itu memang nyaris identik dengan e-KTP penduduk Indonesia yang kebanyakan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Bedanyam ada kolom kewarganegaraan dan masa berlaku yang tidak seumur hidup.

Di kolom alamat, diketahui TKA berinisial GC tersebut tinggal di Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur. Identitas mirip e-KTP itu sendiri dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Dimintai konfirmasi melalui sambungan telepon, Sekretaris Dinas (Sekdis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) membenarkan foto yang beredar di media sosial itu adalah identitas e-KTP yang dikeluarkan untuk TKA.

“Beberapa waktu lalu, kepala dinas melakukan sidak ke sejumlah perusahaan sesuai dengan tupoksinya. Didampingi Kasatpol PP dan petugas PPNS, sidak dilakukan di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber,” kata Sekretaris Disnakertrans Cianjur Heri Suparjo.

Sementara itu Plt Bupati Cianjur Herman Suherman membenarkan kabar WNA memilik KTP elektronik tersebut. Menurut Herman, kepemilikan e-KTP bagi TKA sudah tercantum dalam undang-undang tentang administrasi kependudukan. (dtk/ysp)