25 radar bogor

Hujan Deras dan Angin Kencang Sebabkan Bencana di Bogor, Ini Data-datanya

Petugas BPBD Kota Bogor berusaha mengevakuasi pohon yang tumbang di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Senin (25/2/2019) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Hujan deras dan angin kencang yang disertai petir, Senin (25/2/2019) sore telah memporak porandakan beberapa wilayah di Kota dan Kabupaten Bogor.

Beberapa rumah warga rusak akibat tertimpah pohon yang roboh diterjang angin kencang. Tak hanya rumah, ada juga kendaraan yang tengah melintas di Jalan Raya KH Abdullah Bin Nuh, Kota Bogor tertimpah pohon. Beruntung tidak makan korban jiwa.

Berdasarkan data yang dihimpun radarbogor.id, beberapa lokasi yang terkena bencana pohon tumbang, yakni di RT 5/3 dan 4/3, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Di lokasi ini beberapa atap rumah warga rusak tertimpah pohon.

Diguyur Hujan Deras dan Listrik Mati, Warga Sukamakmur Siaga Bencana

Hujan dan angin kencang juga menyebabkan beberapa pohon di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, tumbang. Akibatnya beberapa rumah warga terkena dampaknya.

Menurut informasi dari aparat desa setempat, beberapa rumah warga rusak ringan dan rusak sedang sampai berat. Hingga kini, jumlahnya masih dalam pendataan.

Selain pohon tumbang, hujan deras juga menyebabkan beberapa wilayah di Kota dan Kabupaten Bogor tergenang banjir. Seperti terjadi di Perumahan Bukit Cimanggu City dan Kawasan Taman Yasmin Kota Bogor.

Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon di Kota Bogor Tumbang!

Di dua lokasi ini, banjir dengan kedalaman 30 CM menyebabkan arus lalu lintas kendaraan tersendat. Kondisi ini diperparah dengan mati listrik yang cukup lama, yakni lebih dari 3 jam.

Berdasarkan data dari BPBD Kota Bogor, ada delapan titik bencana yang terjadi yakni, kebakaran dekat Galaxy Tajur, pohon tumbang samping Giant Yasmin, pohon tumbang perempatan Yasmin arah Bubulak, pohon tumbang menimpa rumah warga di Bubulak.

Pohon tumbang depan mesjid Ar Ridwan Cilendek Barat,  asbes terbawa angin di RT02/RW03 Keluraha Semplak, tembok rubuh di Perumahan Permata Residen menimpa rumah warga RT03/RW05 Semplak, dan longsor Kelurahan Cibuluh.

Sementara itu, informasi yang diterima radarbogor.id dari Operator Pusdalops PB BPBD Kota Bogor, untuk penanganan pohon tumbang di Jalan KH Abdullah Bin Nuh sudah berhasil mereka tangani.

“Assessment dan evakuasi pohon tumbang sudah dilakukan TRC-PB BPBD Kota Bogor,” terang Operator Pusdalops PB BPBD Kota Bogor, Yogi Marzati Utama dalam keterangan tertulisnya.

Pohon Besar Tumbang di Giant Yasmin Timpa Kabel Listrik, Begini Penampakannya

Tak hanya banjir dan pohon tumbang, hujan deras juga mengakibatkan longsor dan amblasnya jalan setapak di Kampung Mandala RT 01/09, Kelurahan Ciparigi, Kota Bogor.

Hingga berita ini diturunkan, beberapa wilayah di Kabupaten Bogor juga siaga bencana. Salah satunya warga di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

“Hingga saat ini masih belum ada laporan. Namun, kita terus pantau. Terlebih kampung-kammpung di Desa Sukawangi yang rawan longsor,” ujar Kepala Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Endro Hermawanto.

(pin)