25 radar bogor

HPSN 2019, Momen Pemkab Bogor Gaungkan Program Antik

Bupati Ade Yasin pada acara HPSN 2019 di Cibinong, Minggu (24/2/2019).

BOGOR-RADAR BOGOR, Momentum Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Minggu (24/2/2019) dimanfaatkan oleh Bupati Bogor, Ade Yasin untuk menggaungkan lebih keras gerakan Bogor Antik, .

Bogor Antik  atau Bogor Asri Tanpa Plastik merupakan program Pemkab Bogor.

Bupati memastikan Peraturan Bupati (Perbup) Bogor tentang Pengurangan Penggunaan Plastik, telah ditandatanganinya dan berlaku efektif mulai 17 Agustus 2019.

“Sekarang mulai kita sosialisasi supaya toko ritel, mall dan pusat perbelanjaan siap-siap mulai mengurangi penggunaan kantong plastik,” kata Ade sambil membagikan kantong plasti hitam besar kepada warga di Pelataran Cibinong City Point, seperti yang dilansir pojokbogor.com.

Menurutnya, pembagian kantong plastik itu, untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk mengumpulkan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan, serta mendukung program Bogor Antik.

“Jenis yang dilarang itu kantong plastik, sedotan, styrofoam dan jenis plastik yang memang seharusnya tidak penting. Karena plastik tidak mudah terurai oleh alam,” katanya.

Sejak dicanangkan pada awal tahun 2019 lalu, Bogor Antik telah diterapkan di kantor-kantor pemerintahan, instansi vertikal, TNI dan Polri.

Kata dia, semua telah menggunakan wadah-wadah kertas atau kaca untuk minuman dan makanan.

“Bukan kenapa dilarang. Tapi harus dilarang karena sampah plastik makin hari makin menggunung. Alam akan rusak ketika kita membiarkan sampah plastik terus ada,” tegasnya. (cek/ysp)