25 radar bogor

Bawaslu Dalami 15 Camat di Makassar Deklarasi Kampanye Dukung Jokowi

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Menkomar Luhut Panajitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani tak melanggar aturan kampanye. (jpnn/jawapos.com)

MAKASSAR-RADAR BOGOR,Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan lembaganya tengah mendalami perkara 15 Camat di Makassar yang menyatakan dukungan kepada petahana Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Aparatur Sipil Negara (ASN) itu mulai dilakukan pemeriksaan satu per satu.

“Sudah sedang diproses, sudah diperiksa kemarin (Jumat), sudah klarifikasi, para camat tersebut,” ujar Rahmat di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2).

Dalam pemeriksaan itu, Bawaslu mempertanyakan terkait hadirnya mereka pada acara deklarasi relawan itu. Selain itu, terkait netralitas pun dipertanyakan.

“Kenapa mereka melakukan hal tersebut, apakah mereka tak tahu bahwa ASN itu harus netral,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan, seorang ASN berhak mendukung kubu tertentu secara pribadi. Namun, sudah jelas dalam aturannya ASN tidak boleh melakukan kegiatan kampanye.

“Silakan memilih di TPS iya, tapi lihat surat edaran Menpan, lihat peraturan kepegawaian, peraturan itu menyarankan ASN tak diperkenankan untuk ikut dalam kampanye, itu jelas,” pungkasnya.

Sebelumnya, 15 Camat di Makassar ikut serta dalam acara deklarasi relawan kepada Jokowi-Ma’ruf. Kegiatan ini lantas viral di media sosial melalui rekaman video pendek.