25 radar bogor

Chelsea Kena Embargo Transfer, Nasib Hazard Kian tak Jelas

AMBISIUS: Pemilik Chelsea Roman Abramovich menyapa para penonton di Stambord Bridge.

LONDON-RADAR BOGOR, Badan sepakbola tertinggi di dunia FIFA telah menghukum klub Inggris Chelsea dengan embargo transfer untuk dua jendela transfer ke depan.

Sanksi tersebut harus dijalani The Blues setelah mereka dianggap melanggar aturan mengenai transfer dan registrasi pemain di bawah usia 18 tahun.

“Komite Disiplin FIFA telah menghukum klub Inggris Chelsea FC dan federasi [FA] atas pelanggaran yang berkaitan dengan transfer internasional dan registrasi pemain di bawah usia 18 tahun,” demikian bunyi rilis resmi FIFA, Jumat (22/2).

“Chelsea ditemukan melanggar pasal 19 regulasi dalam kasus dua puluh sembilan (29) pemain di bawah umur dan telah melakukan beberapa pelanggaran lain yang berkaitan dengan persyaratan registrasi pemain.

Klub juga melanggar pasal 18bis regulasi dalam kasus dua perjanjian mengenai pemain di bawah umur dan yang memungkinkan untuk mempengaruhi klub lain dalam hal-hal terkait transfer.”

“Komite Disiplin menghukum Chelsea dengan larangan pada pendaftaran pemain baru baik di level nasional dan internasional untuk dua periode registrasi secara utuh dan beruntun. Larangan ini berlaku untuk segenap komponen klub – dengan pengecualian tim wanita dan futsal – dan tidak menutup celah untuk pelepasan pemain.”

“Selain itu, klub didenda CHF 600.000 dan diberi waktu 90 hari untuk mengatur situasi para pemain di bawah umur yang bersangkutan.”
Selain Chelsea, FIFA juga menjatuhkan sanksi untuk Federasi Sepakbola Inggris (FA). Kedua pihak masih punya kesempatan untuk melakukan bantahan melalui Komite Banding FIFA.

“Federasi Sepakbola Inggris juga dinyatakan melanggar aturan yang berhubungan dengan para pemain di bawah umur,” lanjut FIFA. “FA didenda CHF 510.000 dan diberi jangka waktu enam bulan untuk mengatasi situasi mengenai transfer internasional dan pendaftaran pertama pemain di bawah umur.”

“Perlindungan pemain di bawah umur adalah elemen kunci dalam keseluruhan kerangka kerja FIFA terkait dengan transfer pemain dan penegakan aturan yang efektif adalah yang terpenting, seperti yang juga dikonfirmasi pada berbagai kesempatan oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga [CAS].”

“Keputusan yang dikeluarkan oleh Komite Disiplin telah ditetapkan pada hari ini dan dapat dibantah melalui Komite Banding FIFA.”
Situasi ini membuat Chelsea hanya bisa merekrut Christian Pulisic, yang sudah mencapai kesepakatan dengan Borussia Dortmund pada Januari lalu untuk transfer musim panas.

Sementara nasib Eden Hazard bakal semakin abu-abu dan ada kans untuk pergi. (goa/ysp)