25 radar bogor

Atasi Kemacetan, Pemkab Bogor Usulkan Pembangunan LRT Hingga Sukaraja

DIKEBUT: Pemerintah terus mengebut pelaksanaan LRT.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Keberadaan LRT dirasa sangat membantu mengurangi kemacetan di Jalan Raya. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bogor juga mengusulkan agar pembangunan LRT yang dilakukan pemerintah pusat berlanjut hingga Kecamatan Sukaraja.

Transportasi LRT yang kini sudah dibangun sampai Cibubur bisa berlanjut hingga Cibanon, Kecamatan Sukaraja. Di lokasi ini, Pemkab Bogor sudah menyediakan lahan fasos fasum sekitar 10 hektare. Sehingga, selain bisa digunakan untuk LRT, minimal dua hektare bisa dibangun park and ride.

“Kita berharap park and ride ke puncak, daripada tidak bisa naik mending pakai bus. Misalnya sedang berlaku sistem satu arah. Busnya mungkin bisa bantuan dari Taman Safari atau Taman Wisata Matahari,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Supriyanto.

Pasalnya, Pemkab Bogor terus melakukan penataan transportasi di Bumi Tegar Beriman. Hal ini sesuai pembahasan Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), dimana Dishub sudah mengalokasikan dana senilai Rp500 juta.

Ia mengatakan, dana yang disediakan untuk RITJ tidak hanya bersumber dari APBD, melainkan juga APBN, APBD Provinsi, dan dari swasta. Karena menurutnya jika hanya mengandalakan dari Pemerintah, untuk menata transportasi menjadi hal yang mustahil.

“Kita harapkan sinergi, sekarang sedang disusun dengan Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian yang lain, mana yang harus dianggarkan APBD mana yang Pemerintah Pusat atau provinsi, atau swasta,” terangnya.(fik/c)