25 radar bogor

Berikut 10 Wanita Muslim Terkaya di Dunia, Siapa Saja?

Sheikha Hanadi Bint Nasser
Sheikha Hanadi Bint Nasser

JAKARTA-RADAR BOGOR, Banyak perempuan muslim yang berhasil membuat gebrakan dalam dunia filantropi, bisnis, pemerintahan, hingga aktivisme. Di seluruh dunia, wanita muslim yang produktif ini telah membuat banyak perbedaan pada kacamata dunia dan memberi pandangan baru tentang agama Islam.

Dan di waktu bersamaan, mereka sukses membawa ‘bonus’ kekayaan yang bergelimang atas nama mereka sendiri. Kekayaan ini tentu didapat mulai kerja keras, investasi, bisnis, hingga harta warisan yang mereka peroleh dari titel kerajaan dan keturunan.

Dilansir dari kumparanSTYLE, berikut 10 perempuan muslim kaya di dunia:

1. Sheikha Maitha bint Mohammed
Estimasi kekayaan: USD 40 miliar (Rp560 triliun)

Sheikha Maitha bint Mohammed adalah putri dari Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab. Sheikha Maitha juga berprofesi sebagai atlet taekwondo dan berkuda. Ia pernah memenangkan medali perak di acara karate kategori perempuan pada Asian Games 2006 lalu.

2. Sultanah Nur Zahirah
Estimasi kekayaan: USD 15 miliar (Rp210 triliun)

Tuanku Nur Zahirah, adalah Sultanah (dulu Permaisuri) dari kesultanan Terengganu, Malaysia, dan Raja Permaisuri Agung (Ratu) Malaysia yang ke-13. Bersama suaminya, Sultan Mizan Zainal Abidin, ia memiliki empat orang anak dan banyak berkontribusi sosial seperti proyek kesejahteraan di Malaysia. Ia juga merupakan seorang Kanselir untuk Universiti Sultan Zainal Abidin.

3. Sheikha Hanadi Bint Nasser
Estimasi kekayaan: USD 15 miliar (Rp210 triliun)

Pemimpin Al Waab City Real Estate, Sheikha Hanadi Bint Nasser, bisa dibilang salah satu perempuan muslim terkaya di dunia, terlepas dari gelar kerajaan yang dimilikinya. Dia adalah seorang bankir, pemodal, dan pengusaha.

4. Putri Ameerah Al Taweel
Estimasi kekayaan: USD 28 miliar (Rp392 triliun)

Putri Ameerah Al Taweel dari Arab Saudi ini pernah menikah dengan Pangeran Alwaleed Bin Talal (seorang pebisnis, investor, dan anggota keluarga Kerajaan Saudi), namun mereka bercerai di 2013. Dia merupakan Vice Chairperson dari Al-Waleed bin Talal Foundation dan menjadi salah satu pemimpin di Silatech.

5. Ratu Rania dari Jordan
Estimasi kekayaan: USD 750 juta (Rp11 triliun)

Tak hanya sebagai salah satu perempuan muslim terkaya di dunia dan merupakan istri dari Raja Jordan Abdullah II bin Al-Hussein, Ratu Rania atau Queen Rania of Jordan juga menjadi sosok yang mendedikasikan dirinya terhadap hak-hak manusia dan aktivis di dunia pendidikan. Ratu Rania juga merupakan salah satu pemimpin di Arab Open University, Kuwait, dan Board of Directors dari International Youth Foundation.

6. Sheikha Mozah Bint Nasser
Estimasi kekayaan: USD 7 miliar (Rp98 triliun)

Sheikha Mozah Bint Nasser dari Qatar memiliki pengaruh besar pada pemerintahan Qatar. Mozah Bint Nasser juga mencintai dunia fashion, terbukti dengan penampilannya yang stylish dan bisnis leather-goods miliknya yang bernama Le Tanneur. Ia adalah istri kedua dari Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, Emir Qatar (Keluarga Al-Thani yang secara turun-temurun memerintah Qatar) dari 1995 hingga 2013.

7. Rasha Khawaja
Estimasi kekayaan: USD 1.5 miliar (Rp21 triliun)

Rasha Khawaja adalah pendiri dan pemimpin dari Toucan, sebuah platform digital dan aplikasi untuk wirausaha dan pengusaha bisnis. Tak hanya itu, ia juga merupakan putri dari miliarder Wafic Said, ahli finansial dan pebisnis asal Syria-Arab Saudi.

8. Princess Lalla Salma
Estimasi kekayaan: USD 2.5 miliar (Rp35 triliun)

Putri Lalla Salma Bennani asal Maroko menikah dengan Raja Mohammed VI di 2001 silam. Ia menjadi pemimpin perempuan Maroko pertama yang diberikan titel kerajaan ‘Her Royal Highness’. Lalla Salma menjadi pendukung setia setiap gerakan asosiasi kanker dan Fex Sacred Music Festival.

9. Malala Yousafzai
Estimasi kekayaan: USD 3 juta (Rp42 miliar)

Meski di usia muda, aktivis berani ini telah sukses membuat dirinya sebagai jutawan inspiratif. Ia adalah salah satu penerima Hadiah Nobel Perdamaian atas upayanya untuk mengedepankan pendidikan dan hak-hak perempuan, setelah menderita luka tembak fatal yang membuatnya sempat berada dalam kondisi kritis.

10. Salwa Idrissi Akhannouch
Estimasi kekayaan: USD 1.5 miliar (Rp21 triliun)

Salwa Idrissi Akhannouch adalah seorang pengusaha perempuan asal Maroko yang mewarisi kekayaan sebesar 1,5 miliar AS dolar dari kakeknya, Haj Ahmed Benlafkih, yang merupakan seorang pengusaha. Salwa sendiri adalah pendiri dan pemimpin dari Askal Group, yang memiliki 50 persen dari Morroco Mall di Afrika. Salwa juga pemilik franchise dari brand-brand populer seperti Pull & Bear, Zara, dan Banana Republic di Maroko.(pin)