25 radar bogor

Joss! Investor Asal Perancis Bakal Bangun Sirkuit MotoGP di Lombok

BOGOR – RADAR BOGOR, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC berenana mengembangkan kawasan Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Diantaranya yang akan menjadi fokus ITDC adalah pembangunan sirkuit Moto GP musim 2021-2022.

Untuk tahap awal, ITDC akan membangun infrastruktur pada Oktober 2019. Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menerangkan, berbeda dengan sirkuit-sirkuit lain di dunia, sirkuit Kuta Mandalika benar-benar akan dibangun sebagai bagian dari kawasan.

“Kalau sirkuit lain kan memang sudah ada kotanya, nah kalau ini kita bangun kawasannya dulu,” kata Abdulbar di Jakarta, Selasa (19/2).

Dijelaskan Abdulbar, ITDC akan menggelontorkan dana investasi senilai Rp 4,6 triliun. Dengan nilai tersebut pihaknya akan membangun badan jalan, listrik, hingga drainase yang terintegrasi satu kawasan.

Sedangkan untuk sirkuitnya sendiri, sepanjang 4,3 kilometer akan dibangun oleh investor asal Perancis Vinci dengan nilai USD 1 miliar beserta hotel dan fasilitas lainnya. Nantinya, Vinci akan melapisi aspal yang dibangun oleh ITDC sesuai standar sirkuit dunia.

“ITDC berkewajiban membangun badan jalan. Vinci nanti membuat lapisan sirkuit. Sejak awal Masterplan kami ada. Sebelum datang ini sudah ada . Dari jalan existing ini sebagian ditekuk sama dia,” terangnya.

Ia memperkirakan seluruh track balap sudah bisa rampung seluruhnya pada akhir 2020. Sehingga pada 2021 sudah bisa digunakan untuk balap Moto GP.

“Secara legalitas sudah ada dua. Sebenarnya nanti mereka ada world announce. Kita akan sampaikan kepada media dan akan mendapatkan race pada 2021,” ucapnya.