25 radar bogor

Tergerus Longsor, Sarana Umum di Sukamakmur Rusak

Sarana Umum Rusak di Sukamakmur
Marka pembatas jalan dan tiang listrik yang rusak akibat dampak dari longsor di Sukamakmur.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Masyarakat yang akan berwisata ke Sukamakmur patut waspada bahaya longsor, yang bisa terjadi kapan saja. Memiliki kontur tanah rawan longsor, jalan-jalan pun perlu diwaspadai. Seperti tiang listrik, pohon, hingga marka pembatas jalan.

Pantaun Radar Bogor, terdapat dua tiang listrik yang nyaris dan sudah ambruk. Namun kondisi tersebut, belum diperbaiki PLN Kantor Cabang jonggol. Selain tiang listrik, sarana publik lainnya yang rusak yakni pembatas jalan untuk memantulkan cahaya pengendara.

“Kejadiamnya sudah lama ini lebih dari setahun lalu, warga khawatir kalau ada pengendara lewat karena gelap tidak ada lampu dan jalan belok-belok,” ujar Hamid (55) penjaga warung, di Kampung Jaura, Desa Pabuaran kepada Radar Bogor.

Hamid berharap pemerintah bisa memperbaiki yang terbawa longsor. Selain itu, meminta agar jalan di Sukamakmur difasilitasi penerangan jalan. Penerangan hanya ada di beberapa lokasi seperti jalan utama di dekat kecamatan. “Kalau ke sini mau jam tujuh malam, mau jam satu malam, sama saja sepi gelap,” ucapnya.

Camat Sukamakmur, Zaenal Azhari tak menepis jika ada prasarana umum yang rusak akibat longsor. Menurutnya, perlu ada pengecekan rutin dari dinas instansi terkait perbaikannya. “Seperti lampu PJU kami sudah laporkan dan sudah diajukan,” katanya.(don/pkl2)