25 radar bogor

Pembebasan Lahan Waduk Sukamahi Digeber, Tinggal 91 Bidang Lagi

Waduk Sukamahi tinggal tunggu pembebasan lahan 10 persen lagi.

SUKAMAHI-RADAR BOGOR, Pembebasan lahan untuk pembangunan Waduk Sukamahi terus digeber. Saat ini, pemilik 104 bidang tanah di Desa Sukamahi sudah menerima penawaran uang ganti rugi dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane dan Kantor Pertanahan Nasional (KPN) Kabupaten Bogor.

Apabila masyarakat menerima penawaran uang ganti rugi tersebut, maka BBWS Ciliwung-Cisadane dan KPN Kabupaten Bogor tinggal menyisakan 60 bidanfg lagi di desa yang sama.

“Semoga pemilik 104 bidang di Desa Sukamahi menerima penawaran ganti rugi sebesar Rp46 miliar. Jika lancar, maka jumlah bidang tersisa di desa tersebut ada 60 bidang lagi,” ucap PPK Tanah BBWS Ciliwung-Cisadane Muhammad Lukman kepada wartawan, Selasa (12/2).

Dia menerangkan, jajarannya kembali melakukan musyawarah uang ganti rugi kepada pemilik bidang di Desa Sukakarya dan Desa Sukamaju, kemarin (14/2).

“Kami melakukan musyawarah uang ganti rugi kepada pemilik 91 bidang lagi dengan total anggaran sebesar Rp100 miliar. Dengan total bidang yang akan dibayar ini, maka progres pembebasan bidang sudah mencapai 90% dari total 621 bidang yang harus dibebaskan untuk dibangun Waduk Sukamahi,” terangnya.

Lukman menjelaskan dengan progres pembebasan bidang yang sudah hampir rampung, BBWS Ciliwung-Cisadane pun optimis bisa merampungkan pembangunan Waduk Sukamahi pada akhir bulan Desember tahun 2019 ini.

“Pembangunan Waduk Sukamahi terus dikebut pasca keterlambatan pekerjaan yang harusnya selesai pada bulan Juni tahun ini. Keterlambatan pembangunan karena terlambatnya proses pembebasan bidang,” jelas Lukman.

Sebelumnya, Kepala BBWS Ciliwung-Cisadane Bambang Hidayah mengatakan dijadwalkan ulangnya proyek senilai Rp3,1 triliun ini karena molornya proyek ini bukan kesalahan kontraktor, yaitu PT Wijaya Karya,PT Basuki (Waduk Sukamahi) atau PT Abipraya-PT Sacna KSO (Waduk Cipayung).

“Kami tidak mengenakan amandemen atau sanksi karena ada alasan teknis dan nonteknis hingga kami menempuh penjadwalan ulang hingga akhir tahun 2019 atau pada tahun 2020 mendatang tergantung perhitungan teknis,” katanya. (ikc)

Perkembangan Pembangunan Waduk Sukamahi:

1. Pembebasan lahan

Total lahan: 621 bidang

Terbaru 104 bidang sudah menerima penawaran uang ganti rugi

Pembebasan sudah capai 90 persen

2. Tersisa

Tinggal 91 bidang lagi

Total anggaran Rp 100 miliar

3. Target selesai pembangunan

Akhir tahun 2019

4. Target sebelumnya

Juni 2019 atau molor 5 bulan