25 radar bogor

Pembayaran Gaji Honorer Pemkab Bogor Telat, Ini Gara-Garanya

Ilustrasi Honorer

CIBINONG – RADAR BOGOR, Keterlambatan pembayaran gaji pegawai honorer Pemkab Bogor bukan tanpa alasan. DPRD Kabupaten Bogor menyebut lambatnya pembayaran gaji honorer akibat dari pemberlakukan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pengaggaran dan Pelaporan (SIMRAL).

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Kukuh Sri Widodo mengatakan bahwa sistem yang baru diterapkan pada tahun 2018 ini penggunaannya belum banyak dikuasai oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bogor. Sehingga berdampak pada telatnya pengajuan gaji pegawai honorer di lingkungan Pemkab Bogor.

Ia menyayangkan atas lambannya SKPD beradaptasi dengan penggunaan Simral. Karena, taruannya adalah gaji pegawai honorer yang juga sama-sama mengabdi untuk Pemkab Bogor. “Iya, gaji mereka (tenaga honor) terlambat karena belum semua SKPD menyesuaikan diri mereka dengan Simral ini. Padahal seharusnya sistem ini dapat mempercepat proses pencairan karena berjalan menggunakan teknologi,” kata Kukuh, Senin (11/2).
Persoalan itu, kata dia, harus secepatnya ditangani. Politisi Gerindra ini juga meminta semua SKPD untuk mempercepat pengajuan gaji pegawai honorer kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor.

“Kami minta SKDP untuk lebih cepat menanggapi hal ini dan mempercepat pengajuan mereka ke BPKAD untuk para tenaga honor mereka,” ujar Politisi Gerindra itu.

Dikonfirmasi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan akan melakukan evaluasi. Hari ini (12/2). (fik/c)