25 radar bogor

Marak Hoax dari Jurnalis Abal-Abal, Dewan Pers Bentuk Satgas Media Online

BOGOR-RADAR BOGOR,Dewan Pers dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sudah menyyiasati maraknya berita-berita hoax yang disebarkan media tanpa badan hukum dan tidak bertanggung jawab.

Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo menyatakan saat ini sudah ada Satgas Media Online yang dibentuk untuk menertibkan itu.

“Satgasnya sudah ada sejak Desember 2018, cuma kita sekarang lagi menyiapkan rule of engagement (ROE)-nya, jadi harus jelas rule of engagement-nya. Sampai saat ini masih berproses,” kata Yoseph saat diskusi publik bertajuk ‘Memberantas Jurnalis Abal-Abal’ di gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, satgas ini sudah bekerja sesuai dengan fungsinya. Beberapa media online yang terindikasi menyebarkan hoax langsung di-take down.

“Sudah ada yang keterlaluan misalnya polhukam.com itu udh di-take down. Namanya polhukam.com tapi isinya hoax dan kebencian,” bebernya.

Kemudian, kata Stanley sapaan Yoseph Adi Prasetyo banyak pula media abal-abal yang modusnya menyerupai media-media nasional seperti Tempo, Detik, Kompas dan sebagainya.

“Jadi untuk media yang tidak jelas, yang memfitnah dilaporkan kepada Dewan Pers, kemudian media yang mengimitasi, media yang menulis secara sewenang-wenang, itu nanti kami akan melakukan dalam list media yang perlu dideteksi,” pungkas Stanley. (rmol/ysp/ps)