25 radar bogor

Bogor Street Festival CGM 2019, Jalur Suryakencana Bakal Ditutup

Jalur Suryakencana

BOGOR- RADAR BOGOR,Sejumlah persiapan terus dimatangkan menjelang perayaan Bogor Street Festival (BSF) CGM 2019. Salah satunya rekayasa lalu lintas, di mana nantinya akan ada pengalihan arus karena jalur Suryakencana (Surken) ditutup seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kabid Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Theo Patricinio Freitas mengatakan, informasi sementara yang telah dia dapatkan bahwa kegiatan CGM 2019 dimulai dari Vihara Dhanagun hingga simpang tiga Jalan Siliwangi. Karena itu kemungkinan rekayasa lalin yang bakal terjadi hanya di Jalan Suryakencana dan Siliwangi.

“Jadi kendaraan yang mau masuk ke Surken kita alihkan ke arah BTM masuk jalan Pahlawan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (6/2).

Kemudian, sambung dia, bagi warga yang ingin melintas Jalan Roda tetap diperbolehkan. Hanya saja ketika rombongan festival mulai bergerak. Sebab jalan masuk dari Pasar Bogor akan tertutup barisan peserta.

“Jalan Roda kemungkinan sebelum festival dimulai pasti ditutup, hanya warga yang boleh masuk, karena kalau tidak ditutup sebelum festival mulai percuma tidak bisa ditembus karena ada barisan peserta,” terangnya.

Karena tak terlalu memakan jalan maka kemungkinan jalan yang akan terganggu hanya terjadi pada Jalan Suryakencana, Jalan Siliwangi dan Jalan Roda. “Ini informasi sementara yang kita dapat, tapi nanti akan di finalisasi saat rakor,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana BSF CGM 2019 Arifin Himawan membenarkan bahwa rute yang akan dilalui dimulai dari depan Vihara Dhanagun Jalan Suryakencana menuju Jalan Siliwangi simpang tiga. Lalu peserta festival akan kembali lagi ke Suryakencana. Sehingga rekayasa lalu lintas idserahkan penuh kepada pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dan Polresta Bogor Kota.

“Untuk rekayasa sepenuhnya di pihak kepolisian dan Dishub karena biasanya akan ada rakor yang dilakukan oleh kepolisian,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan yang semua direncanakan mulai sejak pukul 19.30 WIB bakal dipercepat menjadi pukul 16.00 WIB. Arifin mengungkapkan hal itu dilakukan agar bisa mengakomodir para pengisi acara yang cukup antusias. Termasuk tamu VIP yang juga bisa mengikuti seluruh kegiatan Pesta Rakyat CGM 2019. “Performance mulai pukul 16.00 WIB, minggu ini difinalkan,” pungkasnya. (gal/c)