25 radar bogor

Warga Watesjaya Cigombong Tolak Pemindahan Makam

Tolak Pemindahan Makam
Warga menolak pemindahan makam di Kampung Ciletuh Hilir, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Hampir seperempat bagian dari wilayah Kabupaten Bogor sudah dihiasi beton-beton serta gedung-gedung produksi. Hal ini tentu menyisakan pemasalahan sosial, khususnya konflik agraria. Seperti yang terjadi di Kampung Ciletuh Hilir, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Selain ramai pembangunan pabrik, serta kawasan pembebasan lahan guna pembuatan jalan tol. Lahir juga permasalahan baru. Seperti, hadirnya perusahaan PT. MNC Land di kawasan Cigombong yang merupakan anak perusahaan MNC Group.

Kehadiran perusahaan ini sejak awal diduga sudah bermasalah. Hal tersebut diungkapkan Kuasa Hukum Warga Kampung Ciletuh Hilir, Anggi Triana Ismail. Dia mengatakan, tanah eks Hak Guna Usaha (HGU) yang diduga sarat masalah. Pasalnya, tanah pemakaman ini masih menjadi fasilitas umum Desa Watesjaya.

“Motif yang naif dengan memainkan ahli waris dari jasad guna dipindahkan satu persatu pemakaman dari pemakaman tersebut, yang secara sistematis telah dipersiapkan pula tanah kosong mayat,” tegasnya. (*/suf)