Beranda Bogor Raya

Bogor Barat Sudah Siap Dimekarkan, Fadli Zon Desak Pemerintah Cabut Moratorium DOB

Politisi Partai Gerindra Fadli Zon

CIBINONG-RADAR BOGOR, Setelah terhambat moratoriom sejak 2015, hingga kini belum ada kejelasan terkait Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat. Kali ini, DPR RI mendukung agar moratorium dicabut.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Menurutnya, alasan mendasar perlunya moratorium dicabut yaitu jumlah penduduk yang sudah banyak yakni 5,8 juta jiwa.

Lebih lanjut ia mengatakan, pembentukan DOB sebagai solusi pemerataan pembangunan. “Kabupaten Bogor terlalu besar dan jumlah penduduknya padat. Kalau ada DOB, maka nanti daerah baru punya APBD sendiri supaya yang tadinya alokasi anggaran dari daerah induk kurang, mereka bisa maksimalkan sendiri,” kata Fadli.

Namun, saat ini moratorium DOB masih diberlakukan oleh pemerintah. DPR, kata Fadli, hanya menunggu moratorium dicabut untuk mengesahkan DOB. Terutama, Kabupaten Bogor yang sudah sangat siap mekar secara administrasi.

“Tergantung pemerintah untuk pencabutan moratorium. Kita di DPR mendukung, termasuk pemekaran Bogor Timur dan Bogor Barat. Pemekaran bisa mempercepat pembangunan di daerah terbelakang,” ujar Politisi Gerindra itu.(fik/c)

Baca Juga