25 radar bogor

Bus Antar Kota dan Provinsi di Baranangsiang Dirazia Petugas, 30 Pengemudinya Dites Urine

Bus Antar Kota dan Provinsi dirazia
Petiga saat memeriksa kelengkapan surat sejumlah bus di Terminal Baranangsiang.

BOGOR-RADAR BOGOR, Satlantas Polresta Bogor Kota melakukan inspeksi ke puluhan unit bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), di terminal Baranangsiang dan di pintu masuk tol Jagorawi.

Dalam razianya itu, pihak Polres Bogor Kota memeriksa 18 kendaraan bus sebagai uji petik serta 30 pengemudi bus. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan juga meliputi tes urin pengemudi, guna memastikan pengemudi bebas dari gangguan kesehatan seperti narkoba dan juga alkohol.“Negatif. Semua baik,” ungkap Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji.

Dia mengatakan, inspeksi yang dilakukan menyasar pada dua hal. Yang pertama rampcheck bus yang bertujuan untuk memastikan bahwa bus-bus yang akan beroperasi mengangkut penumpang laik jalan. Yang kedua adalah pemeriksaan kesehatan para pengemudi bus.

Dalam giat ini, sambung Bram, Satlantas Polresta Bogor Kota juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Jasa Raharja Bogor, serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

Kedepannya, kata Bramastyo, kegiatan pemeriksaan kepada unit-unit bus akan rutin dilakukan secara random. Dengan kondisi bus yang laik jalan, kesehatan sopir yang prima, paling tidak angka kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian dapat ditekan sebaik mungkin.

Kami libatkan tim kesehatan dari Dokkes Polresta Bogor Kota untuk memeriksa para pengemudi,” kata Bram kepada Radar Bogor.(rp2/c)