25 radar bogor

Zuckerberg Bikin Langkah Mengejutkan, Ingin Satukan Whatsapp dengan Instagram

Facebook
CEO Facebook Mark Zuckerberg. Meta Platforms. Inc. induk dari Facebook akhirnya mencatatkan kenaikan penjualan pada Kuartal I/2023 menjadi US$28,6 miliar atau setara dengan Rp424 triliun

AMERIKA SERIKAT-RADAR BOGOR,Langkah mengejutkan diambil CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dirinya mengeluarkan gagasan untuk menyatukan tiga layanan dibawah naungan Facebook, yaitu Instagram, WhatsaApp, dan Facebook Messenger.

Ketiga aplikasi itu sendiri tidak dijadikan satu. Melainkan dimodifikasi sehingga saling kirim pesan meskipun berbeda layanan. Jadi misalnya pengguna WhatsApp, akan dapat bertukar pesan dengan pemakai Instagram dan sebaliknya.

Hanya saja kemampuan semacam ini membuat engineer Facebook dikabarkan bekerja keras untuk menyelesaikan beragam masalah teknis. Lantaran mereka harus melakukan penyusunan ulang software ketiga layanan tersebut sehingga dapat terintegrasi, dan itu dikabarkan sangat rumit.

Apa lagi Zuckerberg juga meminta trio aplikasi messaging itu semuanya memiliki fitur penyandian end to end sehingga menjamin keamanan pesan yang terkirim.

Rencana tersebut masih berada dalam tahap awal. Diperkirakan, proyeknya baru akan selesai pada akhir tahun 2019 ini atau malah awal tahun 2020.

Zuckerburg disinyalir  ingin membuat tiga aplikasi andalannya itu lebih bermanfaat dan membuat orang makin betah mengaksesnya sekaligus semakin kuat untuk menggoyang kompetitornya di layanan messenging seperti Google atau Apple.

“Kami ingin membangun pengalaman messaging terbaik yang kami bisa dan orang-orang juga ingin mengirim pesan dengan cepat, sederhana, andal dan privat,” kata Facebook mengenai kabar tersebut. (dtk/net/ysp)