25 radar bogor

Rampas Motor Pelajar, Dua Pelaku Begal Nyaris Dibakar Massa di Tanjungsari Bogor

Motor pelaku begal dibakar setelah berhasil ditangkap massa di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jumat (25/1/2019).

TANJUNGSARI-RADAR BOGOR, Dua pelajar menjadi korban pembegalan di Kampung Babakan Pasirkalong, Desa Antajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jumat (25/1/2019).

Aksipembegalan itu terjadi ketika korban, Ranggi Anggara (14) bersama rekannya berboncengan pulang sekolah menggunakan sepeda motor sekitar pukul 15:30 Wib.

Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspitalena dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, di tengah perjalanan motor korban dihentikan dua pelaku, yakni AG (19) dan AR (20) yang mengendarai sepeda motor.

Tanpa perlawanan, kedua korban yang masih pelajar itu menyerahkan sepada motornya kepada kedua pelaku yang diketahui berasal dari Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur tersebut.

“Saat itu, korban bersama temanya mengendarai sepeda motor setelah pulang sekolah, di tempat yang agak sepi korban dipepet dan disuruh berhenti dua pelaku yang mengendarai sepeda motor berboncengan,” terang Ita.

Kemudian korban berhenti, setelah berhenti salah seorang pelaku langsung menghampiri sambil memegang krah baju korban untuk turun.

Kemudian korban mencabut kunci motornya dan dilemparkan ke pinggir jalan, pelaku yang satu lagi langsung mengambil kunci motor tersbut dan menghidupkan motor korban dan kabur.

Hanya berselang dua menit di lokasi lewat seseorang pengendara motor dan berhenti karena melihat korban dan temanya sedang menangis, sambil menceritakan bahwa sepeda motornya diambil paksa orang lain.

“Orang tersbut menanyakan tentang ciri-ciri sepeda motor yang diambil pelaku dan ciri-ciri pelakunya. Setelah mengetahui ciri-cirinya, orang tersbut menelpon temannya tukang ojeg yang mangkal di Simpang Pamipiran maksud agar menghadang pelaku,” jelasnya.

Ternyata betul para pelaku lewat di Simpang Pamipiran, kemudian oleh para tukang ojeg dan masyarakat menghadang pelaku menggunakan bambu dan senjata lainnya.

Satu pelaku mencoba menerobos massa yang menghadang dan akhirnya menabrak salah satu warga, yakni Marbun. Motor pelaku jatuh dan ditangkap massa sehingga menjadi bulan-bulanan warga.

Sementara sepeda motor milik pelaku dibakar massa.
Pelaku yang satu lagi dengan meninggalkan sepeda motor hasil rampasanya lari menuju kebon dan persawahan.

Tak lama, salah seorang warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tanjungsari. Petugas yang mendapat laporan langsung ke TKP mengamankan satu pelaku yang sedang diamuk masa.

“Sebagian anggota mengejar pelaku yang melarikan diri ke kebon dan persawahan. Anggota Polsek dapat menangkap pelaku yang melarikan diri dan mengamankannya dari amukan massa. Kini, kedua pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Tanjungsari,” tandasnya.(pin)