25 radar bogor

Dua Paslon Sepakat, Tommy dan Anisha Jadi Moderator Debat Capres Kedua

JAKARTA-RADAR BOGOR,Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan moderator debat jilid kedua Pilpres 2019. Begitu pula untuk panelis yang sudah ditetapkan dalam rapat persiapan yang digelar di kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya tetap mempertahankan format dua moderator. Kali ini yang ditunjuk yaitu Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

“Kami tetap akan mengunakan pola dua moderator, pertama Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki,” ujar Arief.

Penetapan keduanya berdasarkan kesepakatan kubu Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma’ruf. Saat ini, KPU akan terlebih dahulu menghubungi keduanya untuk memastikan kesediannya.

“Kami akan menghuhungi yang bersangkutan terlebih dahulu, kalau yang bersangkutan bersedia, jalan. Tapi kalau tidak, batal,” imbuh Arief.

Sementara itu, untuk panelis, KPU menunjuk sejumlah akademisi dari universitas ternama di Indonesia. Ditambah dengan ahli dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) yang disesuaikan dengan tema debat yaitu energi dan sumber daya mineral.

“Ada akademisi dari UI, ITB, IPB, Undip, Universitas Airlangga, UGM, dan Walhi. Beberapa nama sudah dalam list namun baru akan disebutkan setelah beliau dikonfirmasi dan menyatakan bersedia,” jelas Arief.

KPU sendiri sampai saat ini belum bisa merilis nama-nama panelis tersebut. Mengingat harus dilakukan konfirmasi kesediaan dari yang bersangkutan, baru akan dipublikasi ke masyarakat.

“Untuk panelis, KPU susah memutuskan dan telah menyampaikan kepada masing-masing pihak untuk ikut men-tracking dan atau melacak jejaknya,” pungkas Arief. (JPG)