25 radar bogor

Iluni UI Deklarasikan Pemilu Damai dan Jurdil

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) mendukung peran aktif seluruh alumni UI dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 ini. Iluni berharap kehadiran alumni UI di kontestasi demokrasi ini akan membawa Pilpres dan Pileg semakin berkualitas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Pengurus Iluni Arief Budhi Hardono ketika memberikan sambutan dalam acara “Deklarasi Pemilu Damai dan Berkualitas” di Resto Batik Kuring Jakarta Pusat.

“ILUNI UI bangga dengan pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkan para alumninya di bidang politik. Apapun Parpol yang dipilihnya. Siapapun Pasangan Capres yang didukungnya. Apakah pasangan 01 atau Jokowi-Ma’ruf maupun pasangan 02 Prabowo Subianto–Sandiaga Salahudin Uno,” kata Arief melalui siaran persnya di Jakarta, Kamis (24/1).

Arief yakin bahwa Alumni UI yang berada di dua paslon tersebut membawa gagasan dan ide–ide creative dan inovatif. Karena itu diharapkan Alumni UI di dua Paslon ini dapat membawa Pemilu dan Pilpres berlangsung lebih aman, berkualitas jujur dan damai.

“Untuk itulah, hari ini, melalui alumni UI yang ada di dua Paslon, kita deklarasikan Pemilu 2019 yang aman, damai dan jujur,” papar alumni FTUI 1984 itu.

Di tempat yang sama, anggota BPN Prabowo–Sandiaga Uno, Chandra Tirtawijaya menyambut dan mendukung gagasan ILUNI UI mendeklarasikan Pemilu yang damai jujur dan adil. Chandra berharap ILUNI UI terus mengawal jalannya proses Pilpres 2019.

“Sehingga Pilpres dan pemilu ini bukan hanya berlangsung damai, tapi kejujuran dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dapat benar benar direalisasikan,” kata dia.

Hal senada disampaikan Sekjen PKS Mustafa Kamal. Alumni FIB UI tahun 1989 itu menyampaikan apa yang dilakukan ILUNI dalam pesta demokrasi ini amat berharga.

Mustafa ingin Iluni UI bukan hanya mendeklarasikan Pemilu tapi juga mengawal hingga selesai dan menjadi tim pemantau.

“Iluni UI bisa berperan lebih aktif lagi baik dalam membangun iklim demokrasi yang kondusif di masyarakat maupun di dalam kampus. Iluni UI harus mengawal Pilpres dan Pileg 2019,” ungkap dia.

Pengawalan Iluni UI, kata dia, bukan hanya di Pilpres tapi juga di lingkungan kampus. Sebab mahasiswa–mahasiswa juga butuh pelindung dan pendamping dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikulernya agar lebih berani menyampaikan pendapat dengan lebih obyektif lagi.

Sekjen DPP PPP Arsul Sani mendukung apa yang dilakukan Pengurus Iluni UI. Baik dalam penyelenggaraan Deklarasi Pemilu Damai 2019 bersama dua tim kampanye Paslon Presiden, maupun dalam acara urun rembug, yang akan menghadirkan dua paslon.

“Masyarakat menjadi lebih tahu masing-masing capres yang akan dipilihnya,” jelasnya.

Ditambahkan Arsul, pihaknya berkomitmen untuk menjaga Pemilu ini berjalan tertib dan aman. Karena itu, dirinya juga yakin, Pilpres akan berlangsung damai.

Keyakinan bahwa Pemilu akan berlangsung damai juga disampaikan ketua umum Projo, Budi Arie. Menurut Budi Arie, rakyat Indonesia sudah lebih dewasa dari pada elit elit politik yang ada saat ini.

Pilpres ini merupakan konstestasi politik yang mensyaratkan adanya perbedaan. Perbedaan dua pasangan pemimpin bangsa yang terbaik yang terpilih menjadi calon presiden.

“Meski dikompor-kompori agar panas, rakyat sudah dewasa. Pada akhirnya setelah Pilpres selesai, suasana akan cair. Pemilu ini akan berjalan dengan damai,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin
Reporter : Yesika Dinta