25 radar bogor

Anggaran Pemprov Jabar Turun, Revitalisasi Pasar Cisarua Segera Terwujud

Revitalisasi pasar Cisarua, segera dilakukan dengan turunnya anggaran Rp10 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

CISARUA–RADAR BOGOR, Kondisi bangunan Pasar Cisarua kian memprihatinkan. Pasalnya, sejak awal pembangunan, pasar tradisional yang berada di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini belum sedikitpun diperbaiki.

Otomatis, kondisinya sudah terlihat rapuh dan beberapa bangunan juga tidak layak dipergunakan. Saat ini, revitalisasi Pasar Cisarua dapat terwujud, lantaran anggaran sebesar Rp10 miliar dari Provinsi Jawa Barat segera dikucurkan.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, sebelumnya ratusan pedagang Pasar Cisarua khususnya pada Blok C dan D akan direlokasi sementara waktu pada pertengahan 2019. Adapun area relokasi yang akan diperuntukan para pedagang masih di dalam lokasi Pasar Cisarua.

Terkait keberadaan pasar di wilayah Kabupaten Bogor bagian selatan, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebutkan bahwa keberadaan pasar agak ribet. Pasalnya, di wilayah Cisarua terdapat dua pasar tradisional dengan pengelolaan yang berbeda.

“Ada yang dikelola PD Pasar Tohaga dan satu lagi Pasar Pafesta. Kalau pasar lain tidak ada yang kembar, kalau di Cisarua malah ada dua pasar tradisional. Di sinilah fungsi pemerintah agar bisa tegas,” katanya kepada Radar Bogor. Kemarin (23/1)

Iwan membeberkan, pasar tradisional yang dikelola Pafesta perizinannya bukan untuk pasar tradisional. “Ini tugas PD Pasar dan dinas lain untuk membereskannya. Terkait revitalisasi pasar ada anggaran Rp10 miliar, diharapkan bisa memanfaatkan dulu uang tersebut, ” jelas dia.

Sementara itu, Kepala PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, Eko romli memaparkan, untuk anggaran Rp10 miliar dirasa tidak cukup, karena dana yang dibutuhkan untuk Revitalisasi Pasar Cisarua adalah Rp25 miliar.

“Kami akan coba memaksimalkan, saat ini sedang dikaji, apakah hanya blok C dan D yang diperbaiki, atau seluruh pasar tapi hanya renovasi kecil, agar anggaran bisa maksimal,” bebernya.

Kepala PD Pasar Tohaga Unit Cisarua, Mira membenarkan bahwa pihaknya akan segera merelokasi para pedagang khususnya pada area komoditi basah dan kering. Lokasi relokasi masih berada di dalam Pasar Cisarua.

“Relokasi di belakang Kantor PD Pasar Tohaga Unit Cisarua. Di situ masih ada lahan yang bisa difungsikan, selama revitalisasi dilakukan. Kurang lebih ada 400 pedagang yang akan di pindahkan untuk sementara,” pungkasnya.(rp1/c)