25 radar bogor

Habisi Nyawa Bayi Hubungan Gelapnya, Mahasiswi Tulis Pesan ‘Aku Bunuh’

Ilustrasi membakar bayi
Ilustrasi ibu di Madiun membakar bayi.
Ilustrasi Bayi.

SAMARINDA-RADAR BOGOR, Bayi yang dibunuh Farida Jumiati Rifanggi (22) diduga merupakan hasil hubungan gelapnya dengan oknum polisi, Bripda Soleh. Belum diketahui pasti keterlibatan sang bapak dalam kasus tewasnya bayi yang baru dilahirkan kekasihnya. Namun, sanksi berat menanti keduanya.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Samarinda, Ipda Bunga Tri Yulitasasri menuturkan, Soleh sudah diperiksa di Nunukan.

“Handphone dia (Soleh) informasinya juga sudah disita sebagai barang bukti,” jelas polwan balok satu tersebut.

Perwira itu juga menjelaskan, sanksi disiplin tengah menanti Soleh. “Kalau memungkinkan, bisa berangkat ke sana (Nunukan) untuk memeriksa yang bersangkutan,” sambung Bunga.

Sejatinya, sang ibu yang berstatus mahasiswi semester akhir di perguruan tinggi swasta di Samarinda, ingin merawat buah hatinya itu. Bahkan, hampir semua perlengkapan bayi sudah ada di kamar indekosnya, di Jalan Pramuka 6, RT 30, Blok D, Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, tepatnya di “Kos Mawar”.

Sayangnya, nasib bayi perempuan itu tak diinginkan lahir ke dunia. Tangan kiri Farida membekap mulut buah hatinya. Meski dengan meneteskan air mata. Setelah itu dia menghubungi Soleh melalui pesan WhatsApp. “Aku bunuh,” tulis Farida dalam percakapan pribadinya dengan kekasihnya.

Air matanya tak bisa dibendung, saat perempuan berjilbab itu duduk dan tertunduk di hadapan penyidik. Malu setengah mati, ditambah masalahnya yang diketahui publik, mengancam dirinya trauma.

“Kami berikan pengacara sebagai bentuk pendampingan hukum perkaranya,” tegas Bunga.

“Mba, kok tega?” tanya Kaltim Post (Jawa Pos Group). Namun Farida memilih menutup wajahnya. Sesekali dia memalingkan kepalanya, memastikan jika tak ada lagi yang mengambil gambarnya saat memberikan keterangan ke polisi. Sebagai mahasiswi, dia juga menyandang status tersangka.

Pak, aku minta maaf,” sepintas kalimat terdengar ke seorang pria, yang disebut polisi adalah ayah kandung Farida.

Wajah pria yang identitasnya tak ingin disebut polisi itu hanya bisa lemas. Dan tak menyangka, anaknya tega menghabisi nyawa sang buah hati.

Untuk diketahui, Farida melahirkan anaknya Rabu (9/1) lalu. Di kamar indekosnya di lantai dua. Sedangkan hubungan layaknya suami-istri itu terjadi di indekos sebelumnya di Jalan Gelatik, saat Soleh berkunjung ke Kota Tepian.

Kasusnya terungkap sehari setelah sang bayi lahir, setelah Ustaz Yunus, yang berniat membantu pemakaman sang bayi, curiga dengan kondisi bayi tersebut. Kemudian melaporkan ke pihak RT dan diteruskan ke kepolisian. (*/dra/rsh/k18)