25 radar bogor

Polisi Pastikan Benda yang Tergantung di Rumah Ketua KPK Adalah Fake Bom

Ilustrasi Fake Bom

JAKARTA-RADAR BOGOR, Benda mencurigakan dalam tas yang tergantung di kediaman Ketua KPK Agus Rahardjo dipastikan adalah bom palsu atau fake bom. Kesimpulan itu berdasarkan hasil analisa Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

“Yang di Bekasi, di rumah pimpinan KPK Pak Agus, firm itu adalah fake bomb, bom palsu,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Mohammad Iqbal di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (10/1).

Dia menuturkan, memang saat tas itu ditemukan, terdapat benda-benda yang biasanya dipakai untuk membuat bom. Seperti paralon, kabel, baterai, tapi tidak menjadi satu rangkaian selayaknya bom.

Pemicu atau detonator juga tidak ditemukan. “Ditemukan juga serbuk putih, semen putih tapi setelah dianalisa Puslabfor Bareskrim Polri bukan explosive, bukan black powder, TATP dan lain-lain,” sebut Iqbal.

Kata jenderal bintang dua itu, pelaku diduga hanya ingin menakut-nakuti saja. “Diduga hanya menakut-menakuti tapi kita ajan ungkap siapa pelakunya,” tukas Iqbal.

Sebelumnya, tas mencurigakan ditemukan tergantung di kediaman Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo di Perumahan Graha Indah, Jatiasih, Bekasi, kemarin, sekitar pukul 06.30 pagi. Adapun yang menemukan benda itu adalah polisi yang biasa berjaga di kediaman rumah Agus.

Saat dibuka, tas mencurigakan itu terdiri dari sebuah rangkaian menyerupai bom paralon berisi baterai, serbuk putih, paku, kabel, detonator, dan sikring. (jpc)