25 radar bogor

Warga Sungaibuntu Karawang Geger Temukan Emas, Ternyata…..

Benda yang membuat geger warga Sungai Batu

KARAWANG-RADAR BOGOR,Warga Dusun Sungaimanuk, RT 01/07, Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes sempat digegerkan dengan penemuan benda berupa perahu berwarna emas. Benda tersebut ditemukan oleh salah seorang warga, Taso (60) dan Eyang Karnadi di tepian pantai Sungaimanuk.

Dikatakan Eyang Karnadi, benda berupa perahu bercorak emas tersebut ditemukan sekitar pukul 07.00 WIB di tepian pantai Sungaimanuk saat air laut dalam keadaan surut.

Karena bentuknya yang tidak biasa di tambah dengan corak emasnya, dia bergegas mengambil benda tersebut ke darat untuk dibersihkan. “Langsung kita angkat dan bersihkan di darat,” katanya, kepada Radar Karawang, Selasa (8/1) kemarin.

Sementara, pemerhati pesisir pantai yang juga warga Desa Sungaibuntu, Wanusuki menuturkan, awalnya benda tersebut di temukan oleh Taso. Saat sedang jalan-jalan di tepian pantai, Taso menemukan benda tersebut. Karena khawatir mengandung mistis, Taso coba minta bantuan Eyang Karnadi untuk mengambilnya.

“Kebetulan rumah Pak Taso tak jauh dari pantai, saat ia jalan-jalan di pantai nemuin benda itu. Karena takut, ia manggil Eyang Karnadi untuk mengambilnya,” ujarnya menuturkan cerita Taso.
Miniatur perahu bercorak emas dan bertuliskan huruf kanji tersebut mempunyai berat 3 kilogram, lebar 45 cm, dan tinggi 25 cm tersebut cukup membuat geger masyarakat yang penasaran ingin melihatnya. Dengan alasan keamanan, benda tersebut langsung diamankan pihak kepolisian sektor Pedes.

Kapolsek Pedes, AKP Suyitna melalui telepon selulernya mengatakan, setelah ramai terdengar kabar penemuan benda berbentuk perahu dan berwarna emas di Dusun Sungaimanuk Desa Sungaibuntu tersebut, pihaknya bergegas mendatangi lokasi. Dengan alasan keamanan, pihaknya langsung membawa benda tersebut untuk diteliti lebih lanjut. Pasalnya, saat itu juga sudah ramai dikerubungi warga.

“Kita langsung bawa ke Mako Polsek Pedes untuk menghindari kegaduhan warga, sekaligus akan dibawa ke laboratorium untuk diteliti,” ujar Kapolsek.

Namun, sebelum di bawa ke laboratorium, pihaknya dapat memastikan jika benda tersebut bukan emas, dan lebih terlihat seperti fiber glass atau plastik. Karena ada beberapa bagian warga emasnya yang sudah memudah, dan terlihat bisa memutih. “Saya pastikan itu bukan emas. Mungkin bekas tempat menyimpan abu jenazah atau apa, dan kita kembalikan lagi ke penemunya,” pungkasnya. (rok)