25 radar bogor

Kuatkan Ekonomi Islam, Eddy Soeparno Ingin Santri Zaman Now Berani Wirausaha

Sekjen PAN Eddy Soeparno
Sekjen PAN Eddy Soeparno

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno ingin santri mampu menjawab tantangan global. Eddy ingin santri tidak hanya piawai memahami ilmu agama tapi juga umum.

Kepada santri, Eddy ingin santri bisa berdaya dan memberi manfaat di lingkungan masyarakat. Ia meyakini, Eddy memiliki bekal yang cukup untuk bisa bersaing.

“Santri perlu menjawab tantangan dunia global di masa depan,” ucap Kang Eddy.

Kang Eddy juga berharap para santri terus mengembangkan kemampuan, salah satunya kemampuan wirausaha. Lingkungan pesantren cocok untuk mengembangkan jiwa wirausaha para santri.

“Santri juga harus memiliki jiwa wirausaha. Jika santri kuat dalam sektor ekonomi, ekonomi umat akan kuat,” tuturnya.

Selain itu, pesantren juga menjadi tempat untuk memupuk rasa nasionalisme. Kang Eddy mengatakan bahwa santri juga ikut berperan dalam usaha memerdekakan Republik Indonesia. Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan santri untuk berkontribusi kepada negara.

“Santri tidak hanya memiliki ilmu agama, tapi juga rasa nasionalisme. Santri kita dulu berperan besar dalam memerdekakan Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kang Eddy ingin menggagas pesantren yang mengajarkan belajar berbagai macam bahasa. Perkembangan teknologi saat ini membuat hubungan komunikasi yang tidak terbatas. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh santri untuk mengembangkan kemampuan bahasa yang dimiliki.

“Pesantren yang kita gagas tidak hanya meningkatkan ilmu agama namun juga kebangsaan dan bahasa asing juga dipelajari,” tutup Kang Eddy. (ysp)