25 radar bogor

Kenang Janji Ke Soekarno, Megawati Sampai Menangis

Ketua Umum PDIP Megawati

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menitikkan air mata ketika menyampaikan cerita soal janjinya kepada Soekarno. Janji kepada sang ayah itu terkait membangkitkan kembali semangat Soekarno membangun bangsa.

Hal itu diungkapkannya ketika Megawati bercerita di hadapan peserta dialog dengan kaum milenial di Kantor Pusat PDIP, di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1).

Awalnya, Megawati ditanya seorang peserta acara bernama Camelia. Pertanyaannya, apa mimpi dan keinginan Megawati yang belum terwujud. Lantas dijawabnya bahwa mimpinya banyak. Ada yang sudah terwujud, dan masih banyak yang belum.

Satu hal yang menarik perhatiannya adalah keraguannya jika Indonesia dijajah sampai 350 tahun. Bahkan dia beberapa kali ahli sejarah diajaknya untuk memikirkan dan menggali jawabannya. Dari situ, dia bercerita soal bagaimana di masa sekarang ada kecenderungan pihak yang mendorong perpecahan bangsa.

Menurutnya, hal itu terjadi karena orang kerap lupa dengan perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Dia selalu berharap dan mengupayakan agar anak cucunya tidak melupakan jasa para pejuang bangsa di masa lalu.

“Anak dan cucu saya, kalau saya nyekar, ada makam pahlawan yang anonim. Ndak ada yang memberi bunga ke mereka. Saya suruh anak cucu saya ke sana untuk menyebar bunga. Mereka tanya kenapa? Saya katakan para pahlawan itu telah mengorbankan dirinya, tanpa diketahui namanya. Maka siapapun dia, kamu harus beri kehormatan,” kata Megawati.

Cerita itu membuat Megawati teringat pada ayahnya ketika membangun bangsa sampai merdeka. Namun sangat disesalkan saat era Orde Baru, terjadi Desoekarnoisasi.

Padahal, Megawati menilai terlepas Soekarno ayah kandung, tapi sang proklamator adalah sosok luar biasa yang mampu mempersatukan seluruh wilayah dan orang Indonesia hingga mencapai kemerdekaan.

“Memangnya mudah orang berpidato mempersatukan di tengah penjajahan begitu?” Tanya Megawati.

“Saya bilang ke bapak saya. Saya janji ke diri saya. Saya janji, one day, you will come back again (satu hari nanti, Soekarno akan hidup kembali, red),” kata Megawati sambil terisak dan air matanya pun keluar.