25 radar bogor

Power Bank Meledak Dalam Pesawat, Penumpang Ketakutan. Lihat Videonya!

Video detik-detik power bank meledak di dalam pesawat penerbangan The Royal Brunei Airlines.

RADAR BOGOR-Penumpang pesawat Airbus A320 maskapai penerbangan The Royal Brunei Airlines, dibuat ketakutan setelah sebuah power bank meledak dan terbakar dalam pesawat itu, Rabu (3/1/2018) sore.

Insiden tersebut terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial. Dalam video tersebut tampak detik-detik setelah power bank meledak dalam tas milik salah satu penumpang.

Kabin pesawat tampak dipenuhi asap. Berapa awak pesawat terlihat berusaha memadamkan api akibat dari ledakan power bank tersebut.

“Kami sedang dalam perjalanan dari Hong Kong ke Brunei ketika kami mendengar suara seperti ledakan kecil dari power bank milik penumpang,” kata Francis Hua, salah satu  penumpang.

Ia memuji para awak pesawat karena tetap tenang dan bersikap profesional. “Meski dalam situasi yang sulit, mereka tenang dan profesional dan menanganinya dengan sangat baik,” ungkap Francis seperti dilansir Strait Times.

Pesawat pun mendarat dengan selamat beberapa saat kemudian pada pukul 18:00 waktu setempat.

Menanggapi kejadian ini, pihak Royal Brunei Airlines dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa keselamatan penumpang adalah nomor satu bagi mereka, didukung oleh awak pesawat yang profesional.

“Awak kabin kami dilatih untuk mengikuti standar operasi prosedur (SOP) untuk menangani insiden seperti itu secara profesional, demi keselamatan penumpang,” tulis pihak maskapai.

Ia menambahkan, selanjutnya penumpang harus mematuhi Pedoman Barang Berbahaya untuk bagasi atau barang bawaan sesuai dengan Peraturan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA). (ysp)