25 radar bogor

Seleksi Direksi PD Pasar Pakuan Jaya Memanas, 44 Orang Resmi Mendaftar. Berikut Nama-nama Calonnya!

BOGOR–RADAR BOGOR, Seleksi direksi Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ), makin panas. Terlebih,  sudah ada 44 orang yang resmi mendaftarkan diri. Selanjutnya, kini masuk ke tahap verifikasi administratif.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Tri Iriyanto mengungkapkan, sebelumnya pendaftar sebanyak 35 orang, namun bertambah sembilan karena mengirimkan lamaran melalui kantor pos. Sehingga, baru diterima pada tanggal 31 Desember 2018 dan 1 Januari 2019.

“Itu kita terima karena dalam persyaratan diperbolehkan jika cap pada pos tertanggal 28 Desember 2018 atau batas akhir pendaftaran,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Dijelaskan Tri, 44 pelamar terdiri dari 10 orang untuk posisi Dirut, 18 orang untuk posisi Dirum dan 16 orang untuk posisi Dirops. Semua ini akan memperebutkan tiga kursi direksi. Yaitu Direktur Utama (Dirut), Direktur Umum (Dirum) dan Direktur Operasional (Dirops).

Lebih lanjut Tri menerangkan, ada lima panitia seleksi (Pansel) diantaranya dari unsur Pemkot yaitu Sekda Kota Bogor Ade Sarif Hidayat, unsur akademisi ada Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bibin Rubini.

Tak hanya itu, ada Penasihat Investasi Provinsi Jawa Barat Renea Sinta. Sedangkan, dari independen ada Harlan Bengardi dan salah satu direksi pada BUMN Tina Kemala.

“Sejak Rabu (2/1) hingga Kamis (3/1) ini sedang dilakukan tahapan seleksi administrasi oleh Pansel, kalau sekarang selesai InsyaAllah Jumat sore (4/1) bisa diumumkan,” beber Tri.

Jika sudah diumumkan pada tahapan pertama, sambung dia, maka pendaftar yang lolos akan memasuki tahapan selanjutnya, yaitu uji kelayakan dan kepatutan.

Selanjutnya, kata Tri, seleksi pun dibagi menjadi dua sesi. Sesi satu dilakukan pada Minggu (6/1) hingga Senin (7/1) dengan seleksi Assessment dan sesi dua dilakukan pada Rabu (9/1) hingga Kamis (10/1) seleksi ekspose presentasi Rencana Bisnis (Renbis) dan wawancara oleh Pansel.

“Assessment itu dilakukan bukan dari tim pansel tetapi tim khusus dari luar yang kita tunjuk, nanti hari Rabu akan gugur dan menyisakan lima orang terpilih untuk seleksi ekspos Renbis dan wawancara oleh Pansel,” bebernya.

Tri menambahkan, jika semua tahapan berjalan lancar tanpa hambatan maka di pertengahan Januari sudah bisa diumumkan siapa yang memenuhi kriteria untuk menduduki tiga kursi direksi PDPPJ. Sebab, direksi sebelumnya akan berakhir pada tanggal 2 Februari. “Kita harap tanggal 4 Februari sudah dilantik walikota,” pungkas dia. (gal/c)

Pendaftar Calon Direksi PD PPJ

Jabatan : Direktur Utama

  1. Tesy Opika
  2. M Noor Azasi Ahsan
  3. Andi Chen
  4. Tri Gunawan
  5. IR Muzakir
  6. Syarief Gerald P
  7. Mohammad Ilyas Yahya
  8. Thamrin Anwar
  9. Prahana Aditya Mosada
  10. Doddy Syachrul Mugni

Jabatan : Direktur Umum

  1. Chepy Trisna
  2. Herdyansah Surya Putra
  3. Alex Bastian Pardede
  4. Baroto Mulyo Abimany
  5. R Arief Subandi
  6. Fella Mitasari
  7. Jaenal Abidin
  8. Noor Huday Santosa
  9. Febrianda Pasaribu
  10. Doni Yusri
  11. Bernhard Nicolaas Lumowa
  12. DR Kun Nurachadijat
  13. Taufik Hidayat
  14. Surya Dwi Ariwibowo
  15. Iwan Setiawan
  16. Afif Firman Hadi
  17. IR Henri Ikhwan Noor
  18. Abdi Bagus Kurniawan

Jabatan : Direktur Operasional

  1. Agus Siswoprasodjo
  2. Wawan Giswanto
  3. Runsa Rinaldi
  4. Handaru
  5. Abdul Haris Maraden
  6. Yogi Rivano
  7. Mahfudin
  8. Lastriana
  9. Iwan Suwandi
  10. Ruly Indrawan
  11. Syaiful Muchtar Adam
  12. R Aten Gumilar
  13. R Joko Sarjanako
  14. Deni Ari Wibowo
  15. Daa Suryana
  16. Bima Brammantika

Panitia Seleksi

Pemerintah Kota Bogor – Sekretaris Daerah – Ade Sarif Hidayat

Akademisi – Rektor Universitas Pakuan (Unpak) – Bibin Rubini

Pemerintah Provinsi Jawa Barat – Penasihat Investasi Provinsi Jawa Barat – Renea Sinta

Independen – Harlan Bengardi

Direksi – BUMN Tina Kemala

Persyaratan

– Sehat jasmani dan rohani
– Warga negara asli Indonesia
– Berijazah paling rendah Strata 1 (S1)
– Mempunyai pengalaman kerja paling sedikit 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dengan penilaian baik dan menduduki jabatan setara Kepala Bagian;
– Memahami penyelenggaraan pemerintah daerah
– Memahami manajemen perusahaan
– Memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha perusahaan
– Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim
– Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima )tahun dan paling tinggi 55 (lima Puluh lima) tahun pada saat mendaftar pertama kali
– Tidak pernah menjadi anggota Direksi, Dewan Pengawas, atau Komisaris yang dinyatakan bersalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit
– Tidak pernah dihukum karena melakukan tindakpidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah
– Tidak sedang menjalani sanksi pidana
– Tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif
– Bukan pengurus dan/atau anggota Partai Politik atau anggota PNS/TNI/Kepolisian RI
– Tidak terikat hubungan keluarga dengan Wali Kota/Wakil Wali Kota atau dengan Anggota Direksi atau dengan Anggota Badan Pengawas lainnya sampai derajat ketiga baik menurut garis lurus maupun kesamping termasuk menantu dan ipar
– Tidak memangku jabatan rangkap sebagai anggota direksi perusahaan daerah lainnya atau perusahaan swasta atau jabatan lain yang berhubungan dengan pengelolaan perusahaan
– Tidak memangku jabatan struktural dan fungsional lainnya dalam instansi/lembaga Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah