25 radar bogor

Dituding Jadi Penyebab Banjir Rancamaya, Ini Bantahan Pimpinan Proyek Tol Bocimi

Petugas tengah membersihkan gorong-gorong yang meluap sehingga menyebabkan banjir di kawasan Rancamaya, akhir pekan lalu.

BOGOR – RADAR BOGOR, Pimpinan Proyek Tol Bocimi dari PT Trans Jabar Tol Joko Susilo, menepis tudingan Walikota Bogor Bima Arya yang mengatakan banjir di sebagian wilayah Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, beberapa waktu lalu akibat proyek pembangunan Tol Bocimi.

“Info sementara dari lapangan itu akibat gorong-gorong jalan kabupaten buntu, sehingga tidak bisa menampung aliran air, yang banjir itu kan disebelah kanan jalan tol artinya sudah melewati box culvert tol dengan lancar,” ujar Joko Susilo kepada Radar Bogor.

Saat dilakukan pengerukan oleh timnya di lapangan, sambung Joko,  justru hasilnya merupakan sampah. Bahkan tak ada material bekas pembangunan Tol Bocimi. “Insya Allah tidak ada urusannya antara banjir kemarin dengan pembangunan jalan tol,” tegasnya.

Joko mengakui jika sebelumnya tidak di pasang box culvert atau gorong-gorong pada umumnya sebagai penyeimbang. Tapi bukan berarti saluran air tak tersedia. Tetapi diganti dengan desain yang lebih besar dan sesuai dengan hitungan.

“Dalam perencanaan drainase tol itu sudah di hitung dan di analisis perencanaannya oleh konsultan ahli hydrology dan drainase,” pungkasnya. (gal)