25 radar bogor

Sepak Terjang Vigit Waluyo, Sosok Terduga Mafia Sepak Bola

JAKARTA – RADAR BOGOR, Vigit Waluyo, sosok yang diduga jadi dalang mafia sepak bola Indonesia akhirnya diamankan pihak kepolisian. Meski saat menyerahkan diri bukan membawa kasus terkait, Vigit tetap akan diperiksa perihal keterlibatannya dengan kasus match fixing.

Nama Vigit mulai jadi pembicaraan usai Bambang Suryo menyebutnya di acara Mata Najwa. Kabarnya Vigit berhubungan baik dengan rumah judi yang bermarkas di Filipina.

Vigit juga disebut-sebut sebagai bos mafia yang memesan hasil dalam sejumlah pertandingan di pentas sepak bola Indonesia. Namanya sempat masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selama beberapa hari.

Mertua Danilo Fernando ini boleh dibilang sebagai sosok lama dalam sepak bola Tanah Air. Mayoritas pelaku sepak bola profesional Indonesia hampir mengenal sosok Vigit. Entah sebatas tahu nama, hanya tatap muka, atau sudah kenal begitu dekat.

Beberapa klub pernah digawanginya. Sebut saja, Persewangi Banyuwangi, PSIR Rembang, Persikubar Kutai Barat, Deltras Sidoarjo, hingga PSMP Mojokerto. Vigit juga pernah ditunjuk sebagai Ketua Asprov PSSI Jawa Timur, meski cuma sebentar.

Bukan kali ini saja Vigit disebut-sebut terlibat dalam skandal pengaturan skor. Dia memang sudah lama dikenal sebagai mafia sepak bola papan atas di Jawa Timur. Jaringannya sangat luas, bahkan sudah punya kunci-kunci tersendiri dalam sepak bola Indonesia.

Pada 2013 lalu, Vigit juga disebut-sebut terlibat dalam kasus serupa. Perseba Bangkalan diduga menjadi klub proyek Vigit. Perseba yang kala itu cuma diisi pemain-pemain non unggulan, secara mengejutkan bisa lolos ke babak 12 besar Divisi Utama.

Tentu, kinerja satgas antimafia sepak bola Indonesia yang dibentuk oleh Polri sangat dinantikan publik. Karena Vigit bisa jadi kunci utama dari terbukanya kasus pengaturan skor di Tanah Air.

(ies/JPC)