25 radar bogor

Beredar Rekaman Ancaman Gempa Lampung Magnitudo 8 SR, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

LAMPUNG-RADAR BOGOR, Beredar rekaman audio pendek berisi peringatan gempa berkekuatan 8 Magnitudo akan mengguncang wilayah Lampung. Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan rekaman tersebut hoax.

Hal tersebut disampaikan Prakirawan Badan Meterologi, Klimataolgi, dan Geofisika (BMKG) Lampung dalam keterangan tertulis. “BMKG tidak pernah memberikan pernyataan tersebut,” tegas prakirawan dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Selasa (1/1/2019).

BMKG Lampung mengimbau, masyarakat yang mendapati rekaman tersebut untuk tidak ikut serta untuk menyebarkannya.

“Diimbau kepada masyarakat jika mendapat broadcast terkait audio tersebut untuk tidak menyebarluaskannya dan langsung saja dihapus agar tidak kembali membuat resah masyarakat,” tulisnya.

Agar kabar palsu ini berhenti beredar di masyarakat, BMKG Lampung juga berpesan agar masyarakat mengabaikan berita tersebut. Informasi terkait gempa dan tsunami hanya bisa didapat melalui aplikasi resmu BMKG, yakni Info BMKG dan MAGMA Indonesia.

Gempa bumi dan tsunami belum bisa diprediksi. Sampai saat ini, BMKG Lampung menyebut, pihaknya terus memantau Gunung Anak Krakatau.

Dihubungi terpisah, Deputi Geofisika BMKG Muhammad Sadly mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan. Dia menyebut, BMKG selalu memantau setiap hari.

“Kami terus memantau selama 24 jam dalam 7 hari. Kami pastikan rekaman itu hoax,” tegasnya.

Sadly mengatakan, pihaknya akan melakukan peringatan dini secepatnya jika mendapat informasi akan terjadi bencana.

“Dalam waktu kurang dari 5 menit, kami akan memberikan pernyataan resmi ke masyarakat,” tandasnya. (ysp)