25 radar bogor

Pembangunan Segera Dimulai, Pembebasan Lahan Tol BORR Seksi IIIA Dilunasi April

Pekerja mulai melakukan pemasangan peralatan-peralatan konstruksi di sekitar jalan Tol BORR Seksi III A, Selasa (1/1/2019). Foto Fikri/Radar Bogor

BOGOR–RADAR BOGOR, PT. Marga Sarana Jabar sebagai pelaksana proyek pembangunan Tol BORR Seksi III A, optimis bahwa proyek pembanguanan tol tidak ada lagi permasalahan baik dari segi aturan, hukum, teknis, maupun koordinasi dengan pemerintah Kabupaten maupun Kota Bogor.

Sebelumnya, PT. MSJ telah melaksanakan ruas pembangunan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IA, IB, II A, dan IIB, yang mayoritas lokasinya berada di wilayah Kota Bogor.

Kali ini, dipembangunan Seksi III A, ada beberapa wilayah yang masuk dalam ruas Kabupaten Bogor di sepanjang jalan Sholeh Iskandar yang menghubungkan Simpang Yasmin dan Semplak.

“Untuk koordinasi masalah pembebasan lahan atau uang ganti untung sudah kami lakukan dengan pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor. Karena Seksi III A ini kan menyasar wilayah Kota dan Kabupaten sekaligus. Kemungkinan, antara Apri dan Mei, uang ganti untung pembebasan lahan sudah dibayarkan,” jelas Pimpinan Pelaksana Proyek Marga Sarana Jabar, Leona Roedhianitasari kepada Radar Bogor, akhir pekan lalu (28/12).

Saat ini, kata Leona, Marga Sarana Jabar sudah melakukan pengukuran melalui tim Satgas A dan B. Masing-masing kepala Satgas dikepalai Ketua Badan Pertanahan Nasional dari masing-masing wilayah.

Ia mengklaim, akhir Desember atau awal Januari ini hasil pengukuran dari masing-masing bidang sudah dapat diketahui.

Nantinya, hasil itu dijadikan rujukan konsutal tim appraisal untuk menentukan nilai rupiah harga-harga lahan yang dibebaskan.

Setelah diumumkan, jika tidak ada sanggahan dari para pemilik lahan, proses pencairan uang akan dibayarkan secepatnya.

Saat ini, Pelaksanan pembangunan Seksi III A bersama PT. Pembangunan Perumahan (PP) selaku kontraktor pelaksana sudah mulai melakukan sosialisasi pembangunan kepada masyarakat.

Konsultan pengawasan pengerjaan tol BORR III A akan dilaksanakan proyek pembangunan dan PT. Indec Internusa dan PT. Eskapindo JO pada awal Januari ini. Sementara mobilisasi alat-alat pembangunan akan dipasang di sepanjang ruas Tol BORR Seksi IIIA.

“Terkait hal-hal lainnya seperti penebangan pohon atau boling, kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota. Nanti akan diganti semuanya sesuai aturan. Disperumkim juga terus berkoordinasi dengan kami untuk penggantian pohon-pohon yang akan ditebang. Saya berharap, warga Bogor tidak kaget dengan pelaksanaan proyek ini,” ucapnya.

Di tempat sama, Construction Manager PT. PP Agus Iswahyudi optimis jika proyek ini dapat berjalan sesuai perencanaan. Pihaknya sudah melakuan berbagai upaya sosialisasi kepada para pengguna jalan terkait pemasangan barier di ruas III A. Barier itu sendiri, katanya, berfungsi sebagai pemisah antara batas jalan raya dan wilayah konstruksi.

“Awal Januari ini peralatan-peralatan mobilisasi konstruksi pembangunan akan kami turunkan. Jadi kami berharap masyarakat tidak kaget. Kami juga akan memandu lalu lintas dengan peringatan-peringatan,” kata Agus.

Sementara pantauan Radar Bogor, Selasa (1/1/2019), puluhan pekerja mulai melakukan pemasangan peralatan-peralatan konstruksi di sekitar jalan Tol BORR Seksi III A. Puluhan bekerja terlihat sedang melakukan penggalian di beberapa titik pohon-pohon yang akan ditebang.

“Karena masih liburan, hari ini baru beberapa saja untuk pemasangan alat-alat. Mungkin besok akan lebih ramai lagi,” ucap Yopi, salah satu pekerja saat ditemui Radar Bogor.

Video hari pertama pengerjaan pembangunan Tol BORR Seksi IIIA di hari pertama:

(rp2/c)