25 radar bogor

Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Doni Monardo Ditunjuk Menjabat Kepala BNPB

Kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Doni

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan untuk jabatan strategis pada lembaga. Rencananya, Rabu (2/1) mantan wali kota Solo itu akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru.

Selama ini BNPB dikepalai Willem Rampangiel. Berdasar informasi yang didapatkan, purnawirawan jenderal bintang dua TNI AL itu akan digantikan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Letjen Doni Monardo.

Kepastian rencana pergantian kepala BNPB itu setelah beredarnya undangan pelantikan yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (2/1). “Benar (Doni Monardo dilantik menjadi Kepala BNPB),” ujar Juru Bicara Presiden, Johan Budi saat dikonfirmasi, Selasa (1/1).

Sementara itu Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengapresiasi kinerja Willem yang telah menjabat sebagai Kepala BNPB sejak September 2015. Menurutnya, banyak capaian dan prestasi yang ditorehkan selama ini.

“Banyak capaian dan prestasi BNPB selama kepemimpinan Pak Willem. Tentu semua itu bisa dilanjutkan dan dikembangkan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (1/1).

Dia mengungkapkan, banyak tugas akan menyambut Kepala BNPB yang baru. Sebab, Indonesia baru saja dihajar bencana bertubi-tubi dalam beberapa bulan terakhir pada 2018.

“Banyak tugas yang harus diselesaikan Kepala BNPB yang baru nanti seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah, penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda,” tutur dia.

Selain itu, tugas Kepala BNPB bukan hanya pada masa tanggap darurat, melainkan juga untuk jangka panjang. Misalnya, peningkatan mitigasi bencana serta pendidikan kebencanaan.

“Meningkatkan mitigasi bencana dan pengurangan risiko bencana, dan lainnya. Jadi, bukan darurat saja tapi juga pra bencana dan pascabencana,” tegas Sutopo.

Terakhir, dia memastikan keluarga besar BNPB dan BPBD akan bersedia menyambut serta mendukung Kepala yang baru. “Semoga bencana dapat diatasi dengan lebih baik. Masyarakat makin tangguh menghadapi bencana,” pungkasnya.(yes/JPC)