25 radar bogor

Warga Cipondoh Tangerang Geger, Ada Lumpur Tiba-Tiba Keluar dari Tanah. Lihat Videonya!

Lumpur keluar dari tanah di kawasan Cipondoh, Tangerang. (Repro youtube)

TANGERANG-RADAR BOGOR, Warga sebuah perumahan di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten dihebohkan dengan lumpur yang tiba-tiba keluar dari tanah. Videonya viral di media sosial dan grup Whatsappp.

Kejadian tersebut direkam sejumlah warga. Dalam video tersebut terlihat lumpur keluar dengan deras dari dalam lubang tanah.

Lumpur itu mengeluarkan asap dan juga membanjiri jalan. Tidak ada warga yang berani mendekat, hanya merekam dan mengamati dari jarak aman.

Kabag Humas Polres Metro Tangerang Kompol Abdul Rachim mengatakan, lumpur keluar dari tanah yang berada di pinggir tol Green Lake City pada Jumat 28 Desember 2018 malam. Namun dia menyebut bukan lumpur panas.

“Itu proyek PLN itu. Bukan lumpur panas. Kejadian kemarin malam sekitar 18.30 WIB,” ucap Kompol Abdul Rachim.

Menurut Abdul, lumpur keluar dari jalan akibat pengeboran tanah sedalam ratusan meter yang kemudian dimasukkan pipa.

Dikatakan Abdul, PLN mengebor tanah sepanjang ratusan meter. Setelah dibor, pipa dimasukkan ke lubang bekas bor dengan cara pipa ditarik sepanjang ratusan meter.

“Pada saat pipa ditarik, keluar lah lumpur halus seperti pada video,” tambah Abdul.

Lumpur yang keluar dari dalam tanah tidak berlangsung lama. Hanya sekitar 20 menit. Setelah itu berhenti dan petugas segera membersihkan lumpur di lokasi kejadian.

Ia menambahkan, petugas juga sudah menutup lubang yang menjadi sumber lumpur halus dengan cara mengecor dengan semen. Ia memastikan saat ini tidak ada lagi lumpur yang keluar.

Berikut video detik-detik lumpur keluar dari dalam tanah di Tangerang.

(one/ysp/ps)