25 radar bogor

Pengurus SMSI 2018-2023 dan PWI 2018-2021 Perwakilan Bogor Resmi Dilantik

Pelantikan pengurus PWI Bogor di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Rabu (26/12/2018).
Pelantikan pengurus PWI Bogor di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Rabu (26/12/2018).

BOGOR – RADAR BOGOR, Ketua Umum (Ketum) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Auri Jaya dan Ketum Persatuan Wartawan Indonesias (PWI), Atal S Depari menghadiri acara pelantikan Pengurus SMSI dan SMSI Perwakilan Bogor di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemkab Bogor, Cibinong, Rabu (26/12/2018).

Selain itu, ikut hadir juga Bupati Bogor, Nurhayanti dan Bupati Bogor Terpilih, Ade Munawaroh Yasin, pengurus SMSI dan PWI Jawa Barat, Sejumlah Pimpinan Media, Muspida Kabupaten Bogor, Anggota Dewan, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Ketua LSM, Aktivis, Pengacara, Ketua Ormas, OKP dan para wartawan yang bertugas di wilayah Bogor, juga dimeriahkan  musik lagu-lagu Koes Plus bersama Lakoestik Band.

Dalam sambutannya, Ketum SMSI Pusat Auri Jaya, wartawan media siber atau online merupakan garda terdepan dalam memerangi dan melawan hoax (berita bohong-Red). Pasalnya, keberadaan SMSI yang merupakan wadah atau organisasi para peemilik sekaligus pengelola media online, merupakan para individu sebagai pengambil kebijakan pemberitaan dan pengelola media dalam segi bisnis usahanya.

“ Untuk itu, saya berharap kepada Pengurus SMSI Bogor untuk bekerja secara profesional dan selektif dalam merekrut dan menampung para perusahaan-perusahaan media online yang legalitasnya lengkap,” tandasnya.

Auri juga menamhahkan, bahwa SMSI telah memiliki 32 cabang di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota mencapai 380 media online  yang sebagian sudah diverifikasi oleh Dewan Pers untuk memenuhi persayaratan agar SMSI menjadi konstituen Dewan Pers. “Mudah-mudahan, tahun depan 2019, SMSI segera masuk dan terdaftar sebagai konstituen Dewan Pers,” kata Direktur Bisnis dan IT Jawa Pos News Network (JPNN) tersebut.

Hal senada juga dikatakan Ketum PWI Pusat, Atal S. Depari yang hadir didampingi Sekjen-nya Mirza Zulhadi dalam sambutannya mengatakan, betapa pentingnya profesional wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya yakni, dengan meningkatkan kemampuan dirinya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh PWI bekerjasama dengan Dewan Pers.

“Jika ada pihak yang mengatakan, bahwa kewajiban dan pelaksanaan UKW bagi wartawan itu merupakan bentuk pemerasan terhadap wartawan yang  harus mengeluarkan biaya, maka itu tuduhan yang tidak benar. Yang pasti, seorang wartawan harus profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” ujar Atal yang juga sebagai anggota Dewan Penasehat Wanhat SMSI Pusat yang diketuai oleh Chairul Tanjung.

Sementara itu, Bupati  Bogor terpilih, Ade Munawaroh Yasin  menyatakan, pihaknya nanti akan terus menjalin dengan media (Pers) dalam rangka mensinergikan antara Pemkab Bogor dengan Pers, khusunya dengan organisasi profesi wartawan seperti PWI dan organisasi media online dalam bidang penyebaran informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pembangunan di kabupaten Bogor. Terlebih sekarang sudah ada SMSI, maka penyebaran informasi akan semakin cepat dan luas.

“Insaya Allah, nanti kita akan sering menggelar pertemuan dan diskusi- diskusi dengan wartawan dari berbagai media yang ada di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Ade Munawaroh yang akan segera dilantik oeleh Gubernur Jawa Barat sebagai Bupati Bogor menggantikan Nurhayanti yang juga segera habis masa jabatannya sebagai Bupati Bogor.

Hal senada juga dikatakan Bupati Bogro Nurhayanti, ketika dirinya selama menjabat Sekda, Wakli Nupati dan Bupati Bogor, pihaknya selalu mengapresiasi kegiatan program-program PWI, khusunya dalam hal peningkatan kompetensi wartawan melalui UKW.

“Bahkan Pemkab Bogor sangat mengapresiasi program UKW yang dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Bogor yakni, dengan memberi bantuan untuk penyelenggaraan UKW. Dengan adanya SMSI, maka PWI akan semakin bisa bersinergi dan saling  mendukung penyebaran informasi kepada masayarakat Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Dalam pelantikan kepengurusan SMSI Bogor (2018-2023) dengan wilayah kerjanya meliputi Kabupaten dan Kota Bogor adalah sebagai berikut, Dewan Penasehat HRM. Danang Donorosno (inilahonline.com), Ketua Piyarso Hadi (inilahonline.com), Sekretaris Suhairil Anwar (beritautama.net), Bendahara Edwin Suwandana (bogorbroadcast.com).

Adapun Kepengurusan PWI Kabupaten Bogor (2018-2021) yang dilantik,Ketua H. Subagiyo (Harian International Media), Wakil Ketua I Untung Bachtiar (Harian Radar Bogor),Wakil Ketua II Iwan Sukmawan (Harian Pos Kota). Sekretaris Nurrofik (kabarfaktual.com), Wakil Sekretaris A. Indrawan Heryadi (berantasonline.com), Bendahara Muhamad Basir (inilahonline.com). dengan dibantu oleh Seksi Advokasi Wartawan Bambang Irawan (Koran Berantas), Seksi Organisasi Dauri dan Seksi Kesejahteraan Hj. Nia Kurnia (Tabloid Tatar Pasundan). (ysp)