25 radar bogor

Optimis Dua Waduk Rampung Awal Tahun 2019, Pembebasan Lahan Sudah 50 Persen

Suasana pembangunan Waduk Ciawi
Suasana pembangunan Waduk Ciawi

CIAWI–RADAR BOGOR, Meninjau proyek pembangunan waduk Ciawi dan Sukamahi, Presiden RI Joko Widodo optimis jika pengerjaan proyek dua waduk tersebut akan rampung pada Januari mendatang.

Saat ini, katanya, pembebasan Waduk Ciawi sudah mencapai 9 persen. Sementara pengerjaan Waduk Sukamahi mencapai 15 persen. Untuk proses pembebasan lahan sendiri sudah mencapai 50 persen. Dengan kondisi yang seperti ini, awal 2019 bendungan ini sudah benar-benar bisa digunakan dengan baik.

“Dua bendungan diharapkan akan mengurangi banjir di Jakarta kurang lebih sekitar 30 persen,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Informasi yang dirangkum Radar Bogor, dari presentasi pelaksana proyek, Bendungan Ciawi memiliki daya tampung volume sebesar 6.45 juta kubik air atau setara dengan 365 kubik air perdetik. Sementara Bendungan Sukahami ditargetkan mampu menampung 1.86 juta meter kubik atau sekitar 56 meter air perdetik.

Nantinya, dua bendungan ini akan berfungsi untuk menghambat laju air DAS Ciliwung dari hulu yang mengarah ke Jakarta. Usai tertahan dari dua waduk ini, air akan mengarah ke Pintu Air Katulampa yang nantinya juga memungkinkan untuk dilakukan pengalihan arus air.

Meski begitu, Jokowi mengatakan jika penanganan banjir dari hulu saja tidak cukup. Masyarakat harus aktif dan terlibat untuk merawat dan menjaga Ciliwung dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Jokowi juga menyinggung terkait normalisasi Ciliwung yang menurutnya masih jauh dari kata layak. Idealnya, lebar sungai Ciliwung itu 60 meter. Namun yang ada saat ini lebar Ciliwung tak sampai 15 meter. Di beberapa tempat bahkan ada yang hanya 10 meter saja.

“Saya kira ya harus dinormalkan. Harus itu. Sekurang-kurangnya 40 meter,” jelasnya. (rp2/c)